From: obrolan-bandar@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]On Behalf Of Cubit Aja
Sent: 15 Juli 2006 16:34
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: Re: : [obrolan-bandar] GAJAH YANG BERTARUNG PELANDUK YANG MATI

Saya sering bingung kalau melihat data2 formal ekonomi indonesia yang macam data konsumsi retail kok sepertinya tidak sejalan dengan apa yg terjadi di lapangan. Saya melihat dan merasakan langsung malah bahwa tingkat penjualan retail diantara sesama pedagang/teman2/kenalan2 saya semua masih mengatakan belum ada peningkatan malah terlihat semakin lesu (sektor barang rumah tangga, otomotif, elektronik, dll) yang terlihat masih ok hanyalah dari sektor makanan/minuman.

Perhitungannya/datanya diambil dari mana yah? Apakah hanya dari pemain besar ataukah termasuk UMKM? Karena kalau terjadi kanibalisasi pasar oleh pemain besar terhadap pemain kecil kan berarti sebenarnya tidak ada peningkatan secara riil dalam artian tidak ada pertumbuhan konsumsi hanya ada perubahan porsi pasar.

Mohon pencerahannya dari senior2 yang lebih tahu.