--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Frendy" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> kalo percaya Fundamental tapi kebujuk ama bandar terus gimana mbah ?
> harga wajar 2900 ? bukan 2325 mbah ??

Tiap analis akan punya harga harga wajar yg BERBEDA BEDA tergantung
perkiraan PROYEKSI laba bersih kedepan.

Tapi anda bisa ngitung sendiri, jadi engga tergantung itungan
orang lain. Nih embah kasih RUMUSnya:

- PER = Harga saham / EPS  (earning per share)
- EPS = Laba bersih / jumlah saham (=19,4 miliar lembar)
  Laba bersih = liat angkanya di laporan keuangan x kurs (11500)

- Laba bersih sampe Q2 (6bln) = 301 juta dollar.
- Laba bersih Q3 belum keluar tapi NAIK TINGGI, kata managemnet
  BUMI = 500 juta dollar karena harga batubara naik. Jadi
  laba bersih 9 month = 800.
- Kita perkirakan Q4 turun jadi 300.
- Jadi Total laba setahun = 1,1 miliar dollar.

EPS = 1,1 miliar x 11500 / 19,4 miliar = 652 perak
PER = 1050 /652 = 1,61

- Anggap Herald rugi 300 juta, laba bersih tinggal 800 juta.

EPS = 0,8 miliar x 11500 / 19,4 miliar = 474 perak
PER = 1050 / 474 = 2,2

Bandingkan ama PER PTBA yg angkanya 8,2

Note:
- Anda bisa itung itung sendiri, jadi engga DIKLECEIN ama orang
  lain.
- Anda bisa mencoba coba (simulasi) angka laba bersih yg berbeda
  beda tergantung ekpektasi anda atas performance BUMI dimasa
  DEPAN.
- Kalo anda merasa harga batu bara akan naik lagi, estimasi
  laba bersih dinaikan, kalo harga batubara turun, estimasi
  laba bersih dikecilkan.

Jadi kalo ada yg berkoar koar, tanya MANA ITUNGANNYA ?.

Hasil itungan setiap analis akan BEDA, makanya kita HARUS minta
MANA ITUNGANNYA ?

Hitungan embah BISA salah, semua orang bisa salah, makanya
coba POSTINGKAN itungan masing masing. Kita bicarakan BERSAMA...

Indonesian Coal Sector

> [...]
>
>   Menurut Om DOW:
>   - Bandar bisa mempengaruhi DAY TO DAY price fluctuation, BUT at
>   the end, FUNDAMENTAL WILL WIN !!!
>
>   Mau percaya ama bandar atau fundamental, MAKE UP YOUR MIND !!!
>
>   >
>   > tapi menurut itungan temen saya, si Feli dan si Deni harga
wajar
>   BUMI cuman 500 (mungkin doski ber 2 rugi banyak kena force sale)
>   wakakakakak....... mangkanya kalo maen saham jangan pake margin
bros,
>   kalo udah kena force sale baru kerasa  maknyussnya kan........
pake
>   acara stress segala, koar2 di koran, mau buy back ya?
hehehehe.....
> [...]
>   >
>   >
>   > Jadi PER BUMI saat ini = 2,27/5,7 = 40% dari PER rata2 industri.
>   >
>   >
>   >
>   > Atau harga BUMI saat ini (=1160) kemurahan 60% dari harga rata2
>   >
>   > industri.
>   >
>   >
>   >
>   > Ini berarti harga BUMI punya POTENSI naik = 150% (=60/40)
menjadi