Ukurannya GDP pak. Lihat list di bawah dari
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_GDP_(nominal):

Country         GDP (millions of USD)
—        World  54,584,918
—        European Union 16,905,620
1        United States  13,807,550
2        Japan  4,381,576
3        Germany        3,320,913
4        China (PRC)    3,280,224
5        United Kingdom 2,804,437
6        France 2,593,779
7        Italy  2,104,666
8        Spain  1,439,983
9        Canada 1,436,086
10       Brazil 1,313,590
11       Russia 1,289,535
12       India  1,100,695
13       Mexico 1,022,816
14       South Korea    969,871
15       Australia      908,990
16       Netherlands    777,241
17       Turkey 659,276
18       Sweden 454,839
19       Belgium        453,283
20       Indonesia      432,944
21       Switzerland    427,074
22       Poland 422,090
23       Norway 389,457
24       Republic of China (Taiwan)     383,347
25       Saudi Arabia   381,938
26       Austria        371,219
27       Greece 313,806
28       Denmark        312,046
29       Iran   285,304
30       South Africa   283,071
31       Ireland        261,247
32       Argentina      260,122
33       Finland        246,350
34       Thailand       245,351
35       Venezuela      227,753
36       Portugal       223,447
—        Hong Kong      207,171
37       Colombia       202,630
38       United Arab Emirates   190,744
39       Malaysia       186,718
40       Czech Republic 174,999
41       Nigeria        166,985
42       Romania        165,983
43       Israel 164,103
44       Chile  163,914
45       Singapore      161,349
46       Philippines    144,062
47       Pakistan       143,766
48       Ukraine        141,644
49       Hungary        138,356
50       Algeria        134,275
51       New Zealand    128,711
52       Egypt  127,966
53       Kuwait 111,514
54       Peru   107,399
55       Kazakhstan     104,850
56       Morocco        75,116
57       Slovakia       74,988
58       Bangladesh     73,689
59       Qatar  73,256
60       Vietnam        70,943
61       Libya  69,929
62       Angola 61,334
63       Croatia        51,263
64       Luxembourg     49,531
65       Sudan  46,228
66       Slovenia       46,084
67       Ecuador        45,789
68       Belarus        44,773
69       Dominican Republic     40,988
70       Oman   40,391
71       Serbia 39,854
72       Bulgaria       39,609
73       Syria  38,970
74       Lithuania      38,886
75       Tunisia        35,010
76       Guatemala      33,694
77       Sri Lanka      32,347
78       Azerbaijan     31,240
79       Latvia 27,165
80       Kenya  27,026
81       Costa Rica     26,232
82       Turkmenistan   26,201
83       Lebanon        24,640
84       Uruguay        23,256
85       Uzbekistan     22,307
86       Yemen  21,818
87       Cyprus 21,303
88       Estonia        20,900
89       Trinidad and Tobago    20,878
90       Cameroon       20,686
91       El Salvador    20,373
92       Iceland        20,228
93       Panama 19,740
94       Côte d'Ivoire  19,824
95       Ethiopia       19,431
96       Bahrain        17,398
97       Tanzania       16,691
98       Jordan 15,833
99       Bosnia and Herzegovina 15,165
100      Ghana  15,160
101      Myanmar        13,480
102      Bolivia        13,292
103      Equatorial Guinea      12,574
104      Botswana       12,382
105      Honduras       12,279
106      Brunei 12,275
107      Paraguay       11,954
108      Uganda 11,785
109      Gabon  11,584
110      Zambia 11,411
111      Jamaica        11,266
112      Senegal        11,183
113      Albania        10,768
114      Democratic Republic of the Congo       10,423
115      Nepal  10,328
116      Georgia        10,227
117      Afghanistan    9,596
118      Armenia        9,229
119      Cambodia       8,690
120      Mozambique     8,069
121      Madagascar     7,711
122      Republic of Macedonia  7,685
123      Republic of the Congo  7,657
124      Malta  7,471
125      Namibia        7,446
126      Chad   6,965
127      Mali   6,940
128      Mauritius      6,928
129      Burkina Faso   6,751
130      The Bahamas    6,571
131      Haiti  6,031
132      Papua New Guinea       6,001
133      Nicaragua      5,724
134      Benin  5,566
135      Zimbabwe       4,723
136      Moldova        4,395
137      Niger  4,174
138      Guinea 4,157
139      Laos   4,028
140      Mongolia       3,894
141      Kyrgyzstan     3,748
142      Tajikistan     3,712
143      Malawi 3,561
144      Barbados       3,409
145      Rwanda 3,339
146      Fiji   3,324
147      Swaziland      2,890
148      Mauritania     2,819
149      Togo   2,497
150      Suriname       2,415
151      Central African Republic       1,714
152      Sierra Leone   1,665
153      Lesotho        1,598
154      Cape Verde     1,445
155      Eritrea        1,316
156      Belize 1,277
157      Bhutan 1,197
158      Antigua and Barbuda    1,088
159      Guyana 1,074
160      Maldives       1,058
161      Burundi        974
162      Saint Lucia    960
163      Djibouti       850
164      Liberia        735
165      Seychelles     712
166      The Gambia     644
167      Grenada        605
168      Saint Vincent and the Grenadines       556
169      Saint Kitts and Nevis  527
170      Vanuatu        494
171      Samoa  476
172      Comoros        466
173      East Timor     459
174      Solomon Islands        377
175      Guinea-Bissau  356
176      Dominica       336
177      Tonga  246
178      São Tomé and Príncipe  145
179      Kiribati       67

On 11/18/08, meizal <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> hehehe
>
> jumlah penduduk nya yang segambreng pak ( populasi nya ) :D,mungkin gak
> dimiliki negara tetangga yang seregional sama kita,peduduk yang besar kan
> korelasi nya sama konsumen yang besar dan target pasar yang besar,target
> pasar yang besar biasa nya sejalan dengan income yang besar bagi
> industri...income dari industri yang besar biasanya berkorelasi dengan gdp
> yang besar ...gdp yang besar dan tumbuh ters berarti bagus...( ini baru dari
> 1 sisi aja sih ini kita liat nya ) ..hehehe
>
> sayang nya cuman 1 konsumen nya masih tergantung dengan produk2
> impor,slogan2 selama ini sih banyak yang bilang pakelah produk dalam
> negri...eh sial nya itu produsan bahan baku nya impor semua
> lagi...hehehe...klo nilai tukar nya gak stabil trs...inflasi nya nanti bisa
> jadi bergeser dari karna naik nya harga komodity jadi tinggi nya biaya modal
> akibat overhead yang impor tadi...inflasi tinggi--->daya beli
> turun--->income/earning emiten di revisi lagi--->gdp turun ( alias
> pertumbuhan ekonomi nya yang jeblok..
>
> hehehe saya udah mule ngelantur nih,
> maklum otak nya baru nge-restart dan mo kembali di stanby kan pak hihihihi
>
> moga2 bisa stabil cepet ya pak Rp nya,dan pemerintah bisa cepet bereaksinya
> :-)

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: