Mbah,
Itu data betulan? Ada yang aneh dengan biaya bunganya.

Laba bersih 9 bulan 1136 -> Disetahunkan 1514
ROE 18% -> Equity = 1514/18% = 8414
DER = 3,27 -> Debt = 3,27 x 8,414 =27516

Biaya bunga 774 -> disetahunkan 1034
Bunga per tahun 1034/27516 = 4%

Bunga 4% kecil sekali.

Dengan asumsi ROA tetap (berarti "harga-biaya produksi" tidak berubah,
demand tak terbatas), yang perlu dilakukan INDF adalah meminjam
sebesar-besarnya. ROA tetap, tapi ROE membesar hingga tak terhingga.
Jadi, modelnya belum valid, perlu asumsi lain.

Saya kira sepanjang biaya bunga < laba dari uang pinjaman, pengaruhnya
baik bagi ROE. Tapi pasti ada hitungan lain untuk keamanan perusahaan
yang berhutang seperti ini.

Kirim email ke