PERBEDAAN PERSEPSI
Ada seorang ayah yang menjelang ajalnya di hadapan sang Istri
berpesan DUA hal kepada 2 anak laki-lakinya :

               - Pertama : Jangan pernah menagih hutang kepada orang
yg berhutang kepadamu.
              - Kedua     : Jika pergi ke toko jangan sampai mukanya
terkena sinar matahari.

              Waktu berjalan terus. Dan kenyataan terjadi, bahwa
beberapa tahun setelah ayahnya meninggal anak yang sulung bertambah
kaya sedang yang bungsu menjadi semakin miskin.

              Pada suatu hari sang Ibu menanyakan hal itu kepada
mereka.

              Jawab anak yang bungsu :

              "Ini karena saya mengikuti pesan ayah. Ayah berpesan
bahwa saya tidak boleh menagih hutang kepada orang yang berhutang
kepadaku, akibatnya modalku susut karena orang yang berhutang
kepadaku tidak membayar sementara aku tidak boleh menagih".
              "Juga Ayah berpesan supaya kalau saya pergi atau pulang
dari rumah ke toko dan sebaliknya tidak boleh terkena sinar matahari.
Akibatnya saya harus naik becak atau andong, padahal sebetulnya saya
bisa berjalan kaki saja, tetapi karena pesan ayah itu, akibatnya
pengeluaranku bertambah banyak".

              Kepada anak yang sulung yang bertambah kaya, sang Ibu
pun bertanya hal yang sama.
              Jawab anak sulung :

              "Ini semua adalah karena saya mentaati pesan ayah.
Karena Ayah berpesan supaya saya tidak menagih kepada orang yang
berhutang kepada saya, maka saya tidak pernah menghutangkan sehingga
dengan demikian modal
              tidak susut".

              "Juga Ayah berpesan agar supaya jika saya berangkat ke
toko atau pulang dari toko tidak boleh terkena sinar matahari, maka
saya berangkat ke toko sebelum matahari terbit dan pulang sesudah
matahari terbenam.
              Karenanya toko saya buka sebelum toko lain buka, dan
tutup jauh sesudah toko yang lain tutup."

              "Sehingga karena kebiasaan itu, orang menjadi tahu dan
tokoku menjadi laris, karena mempunyai jam kerja lebih lama".

              MORAL CERITA :
              Kisah diatas menunjukkan bagaimana sebuah kalimat di
tanggapi dengan presepsi yang berbeda. Jika kita melihat dengan
positive attitude maka segala kesulitan sebenarnya adalah sebuah
perjalanan membuat kita sukses tetapi kita bisa juga terhanyut dengan
adanya kesulitan karena rutinitas kita... pilihan ada di tangan anda.

              'Berusahalah melakukan hal biasa dengan cara yang luar
biasa'

<bobby_gosal@>

11/25/2008