Sekedar sharing aja..

mumpung weekend saya backtrack account account saya.

Basicly saya ada 4 account type... 2 olt untuk scalping.. 1 untuk trend
follower 1 untuk investasi.

untuk tahun 2005-2007 return trend follower dan investasi hampir mirip..
antara 50-75%
tapi tahun 2008 drop below 10%

nah disini ada yang menarik...  account scalping hasilnya berbeda jauh
ketika 2005-2007 returnnya cuman 20-40%.. itupun setelah saya nyerah di
akhir 2007 menjadi trend follower. di 2008 fungsinya saya kembalikan lagi ke
scalping..returnnya so far di atas 30%...sungguh fantastis .. volatilitas
bear market betul-betul membantu account scalping.

jadi kesimpulan saya..kalau pasar bullish..mending hold aja...return super
gila.

tapi kalau bearish ..scaling dan swing trade jauh lebih menguntungkan karena
hasilnya lebih ke arah flat tanpa peduli arah market

disclaimer