Dear all,

numpang tanya nih, ada yang tau gak dimana cari data konsumsi energi
(oil, coal) dan atau komoditas? (cpo, timah, nikel)? data bulanan atau
mingguan lebih baik.

Pengen coba cek untuk memastikan apakah kita memang sudah mendekati
masa flat ato gak....paling gak dari tingkat konsumsi komoditas.

Logikanya gini :

harga kan bergerak mengikuti permintaan dan permintaan muncul
berdasarkan konsumsi. Jadi gerakan harga sudah telat 2 langkah. CMIIW.

Kalau pun harga coal cenderung stabil, baiknya kan kita tau gimana
tingkat konsumsinya. Kalau harga relatif stabil tapi konsumsi menurun
ya tetap aja jelek.

Coal kalori tinggi dipake untuk industri baja dan setau saya industri
baja sekarang masih turun.
Coal kalori sedang/rendah untuk PLTU dan itu cenderung stabil (semoga).

Tingkat sewa kapal menurun. CMIIW. antara 2007-2008 saya cari tongkang
susah bener karena semua lagi ke coal + cuaca memang lagi jelek waktu
itu, sekarang mungkin lebih mudah dan biaya sewa harusnya turun
banyak. Logika saya itu memcerminkan tingkat perpindahan (konsumsi)
yang MASIH menurun.

Thanks bantuannya

MD

Kirim email ke