Cara perhitungan IHSG itu sering dikenal sebagai capitalization weighted
index. Jadi nilainya dipengaruhi kapitalisasi seluruh saham yang tercatat di
BEI. Setiap saham memiliki bobot kapitalisasi yang berbeda2. Makanya sering
anda dengar TLKM, BBCA & ASII dipakai untuk ‘menyetir’ index, karena bobot
ketiga saham itu lebih besar dibanding saham lainnya. Setiap kenaikan harga
saham, IPO & right issue akan menyumbang kenaikan nilai kapitalisasi IHSG.

Cara perhitungan IHSG = (Nilai Kapitalisasi Saat Ini ÷ Nilai Dasar) x 100.
Yang dimaksud Nilai Dasar adalah kapitalisasi tercatat saat tanggal
berdirinya BEJ, yaitu 10 Agustus 1982. IHSG pada hari itu dinyatakan dibuka
pada nilai 100.

Regards,

Yudizz

  _____