*seperti halnya perbankan yang ada stress testnya pa cumi, di kebon juga ada
stress testnya yaitu di test ketika harganya turun drastis, perusahaan mana
yang bisa survive dan perusahaan mana yang harus pindah jalur, malah untuk
perusahaan yang untungnya segunung bisa dipake kesempatan untuk akuisisi
perusahaan sawit kecil yang bermasalah.

Pada umumnya yang lolos dari stress test perkebunan sawit itu adalah:

Pertama perusahaan yang punya riwayat lama karena keuntungan yang diterima
ketika panen raya saat harganya tinggi bisa menutupi kerugian ketika harganya
jatuh,

Kedua perusahaan yang punya cash yang banyak hasil dari keuntungan pada saat
harga sawit tinggi tingginya bukan yang hutangnya tinggi karena pikirannya jadi
bercabang selain mikirin produksi juga dikejar kejar bunga dan pokok pinjaman,

Ketiga perusahaan yang punya jaringan penjualan yang baik (stand buy buyer)
yang bisa diandalkan bukan yang malah gak jadi eksport ketika cpo nya mau
dikapalkan karena pembeli di china atau india membatalkan secara sepihak,

Keempat yang punya pengalaman dalam berproduksi, misal untuk mengejar volume
produksi yang maksimal pupuk dikubur (biaya mahal tapi kalo harga lagi tinggi
tingginya sangat terbantu), kalo lagi harga jatuh ditabur saja (biaya murah
namun banyak terbuang karena pengaruh angin dan hujan) kalo harganya jatuh
banget jangan pake pupuk sekalian (biar produksinya sedikit inventory sedikit
harga terkatrol naik tapi ini harus yang pangsa pasarnya sudah tinggi sehingga
volumenya sangat diperhitungkan di pasar)

Kelima, memiliki struktur biaya produksi yang baik (selain harga penjualan yang
turun naik biaya produksi juga bisa turun naik), biaya produksi yang turun naik
ini diakibatkan karena perusahaan sawit menganggap dirinya hanyalah pengolah
saja jadi harga pembelian dari petani turun naik,

Keeenam jaringan dengan pihak perbankan, dari penjualan sawit sudah ditetapkan
strukturnya dari awal berapa persen dari penjualan untuk bayar bunga dan pokok,
berapa untuk perusahaan sawit, berapa untuk biaya produksi sawit, dan berapa
keuntungan untuk petani.

Memang informasi ini harus melakukan pendalaman ke masing masing emiten cpo,
sehingga kita mendapatkan gambaran yang lengkap apa yang sebenarnya terjadi.

Masih ingat isu sawit dibiarin busuk di pohon? kalo kata bank yang fokus ke
kredit sawit mereka bilang menangani petani sawit lebih mudah dibandingkan
dengan petani cabe karena harga cabe bisa turun naik drastis tiap 3 bulanan
dibandingkan harga sawit yang swingnya lebih panjang, kehawatiran banyak kredit
macet di kredit sawit jadi sangat berlebihan, cmiiw*

Re: Cuaca buruk, berkah bagi harga CPO
Posted by:      "CUMI.JK (Buy, TP 5000)" cumie...@gmail.com
cumigorengtepung2000
Sun May 10, 2009 4:57 am        (PDT)

Cuaca buruk, produksi berkurang dan harga naik.
Apakah kenaikan harga tersebut hanya cukup untuk mengimbangi penurunan
produksi, atau melebihinya?
Pendapatan = Produksi x Harga
Produksi turun, Harga tetap, pendapatan turun
Produksi turun, harga turun, pendapatan turun banget
Produksi turun, harga naik, pendapatan tetap (tergantung gedean mana :
turunnya produksi atau naiknya harga)

Temen saya yang punya kebon sawit bilang, petani sawit yang gak kuat dengan
penurunan harga sawit dah pada mulai pindah jadi nanem coklat.

Q: Cumi-cumi mempunyai delapan kaki atau delapan tangan?

2009/5/10 Hanif Mantiq <hanif_mantiq@ yahoo.com>

> *penurunan produksi cpo bisa dikontrol oleh produsen, misal pupuk lagi
> mahal, cpo harganya turun dalam, kalo pake pupuk kepukul dua kali,pertama
> produksi meningkat inventori meningkat, jual rugi pula karena harga lagi
> murah murahnya , baiknya tanpa pupuk saja, produksi turun alamiah, inventori
> turun, harga naik kembali , cmiiw*
>

> Re: Cuaca buruk, berkah bagi harga CPO
> Posted by:      "jsx_consultant" jsx-consultant@ centrin.net. id
>  jsx_consultant
> Sat May 9, 2009 11:31 pm        (PDT)
>
> Penurunan produksi cpo akibat musim ini termasuk parah, ada
> [...]

Kirim email ke