--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "jsx_consultant" <jsx-consult...@...>
wrote:

> Pak Oen,
>
> Milis OB itu audience beragam, dari yg pemula ampe expert.
>
> Embah saja cuman bisa ngerti tulisan terakhir doang:
> - Karena hukum bursa mengatakan; "Naiknya FANTASTIS turunnya
>   DRAMATIS"
>
> Ini ada kecocokan dengan ALERT embah untuk pemula yg kemampuan
> TRADING SKILLnya masih terbatas.
>
> Kalo bisa, dijelaskan lagi biar si Kabayan bisa ngerti.

Embah,

Apapun alasannya, dari dulu benernya saya ingin mendorong komunitas OB untuk
"berpikir lbh keras" supaya meningkatkan kemampuan maupun pengetahuan mereka
tentang BURSA.

Mayoritas posting msh didominasi saham yg naik apa, target brp, kl turun bisa
ke brp? dst...
Jarang sekali yg melakukan "eksplorasi" thd faktor penyebab, apa motif
pergerakan dst...

Yg pertama perlu saya jelaskan skrg ini ada DANA ASING maupun LOKAL yg sedang
"beraksi" di BEI.
Untuk ASING, maturity date mereka yg saya ketahui akan berakhir di (awal) Juni.
Sedangkan yg LOKAL itu SETIAP SAAT bisa keluar, apalagi kalau target mereka sdh
tercapai.
Intinya kenaikan saham2 maupun indeks saat ini sdh cukup MEMADAI untuk
melakukan PROFIT TAKING.

Buat temen2 pemegang reksadana maupun "discre (equity) fund" sbg ACUAN, kmrn sy
ketemu dg sbh FM, overall mereka sdh mencapai RETURN 90% untuk TAHUN INI.
Walaupun ada bbrp saham porto mereka yg telah mencapai return di atas 100%.
Jadi kalau ada FM yg blm mencapai return sekitar itu, mnrt saya tdk perform dg
kenaikan bursa...

Dikembalikan thd para trader, kalau kenaikan bursa saat ini blm merasa
maksimal, artinya ada sesuatu yg harus dievaluasi lagi.

Sekarang indeks sdh tinggi, kalau portofolio kita masih ada 15 macam, lbh baik
disederhanakan menjadi 10 atau kurang, demikian seterusnya.
Karena saat indeks berbalik dg cepat, seperti hr ini, kita akan lbh MUDAH dan
CEPAT untuk membuang barang.

Bagaimanapun kita punya 10 macam saham dibanding HANYA 3 macam saham, misal dg
return 50%.
Tingkat STRESSnya akan berbeda padahal hasil SAMA.
Jauh lbh berat yg pegang 10 macem la yauw...
Ini bicara dlm konteks trading bukan investasi...