*Salam sejahtera....

Tahun lalu Apr 2008 saya menyampaikan aspirasi saya di OB juga mengenai
market yang lagi menyakitkan. Sepertinya masih valid untuk membantu teman2
yang sedang mengalami masa-masa yang kurang nyaman. Saya paste ya..*

Padangan saya, saat ini belum totally Bullish. Namun hingga Sept pertengahan
masih relatif mudah mencari nafkah di IDX.Pesan saya jika diizinkan, cashout
bulan 9-10 2009. Secara pribadi saya melihat peluang besar DJIA menuju
3.500-4.000 untuk memenuhi janji yang belum ditepati. Oktober 2008
dibeberapa kesempatan baik melalui seminar ataupun media elektronik
(website) saya menyampaikan bahwa adanya peluang DJIA menuju 5000-6500 pada
saat masih 10.500. Walau sempat menjadi kontroversial, namun  secara fakta,
DJIA sempat jatuh dibawah 6.500. dan masih ada hutang yang harus dibayar.

Saya melihat dari sudut pandang analisa teknikal tanpa adanya distorsi dari
pertimbangan lain, agar kehendak alam dapat terbaca dengan jernih melalui
analisa teknikal. Hingga September 2009, lumbung padi tidak akan susah
dipenuhi. Kiranya rekan sejawat dapat belajar melalui pengalaman yang
menyakitkan. Sy sebagai pemula sadar, bahwa untuk berhasil di industri ini,
memang harus mengalami kejatuhan.Angka yang wajar untuk mendapat pengalaman
yang sebanding adalah 250-300 juta loss. Mengapa? Karena siapapun anda, yang
dapat berhasil konsisten profit 10% bertumbuh dari modal selama 1 tahun
penuh, secara tidak langsung anda sudah menjadi seorang S2/S3 yang
berkualitas. Di ekuivalenkan kepada biaya sekolah, kerugian belajar 300 juta
cukup worth. Yang terpenting, batasi diri agar tidak melakukan trading yang
tidak bertanggung jawab dan biasakan tidak trading lebih dari 20 kali open
posisi tiap bulan.

Bersihkan diri, hati dan pikiran. Tanpa ini, mata hati akan tertutup untuk
melihat arah alam pada chart yang sesungguhnya. Cukupkan diri anda dengan
profit yang ada, demi kesejahtraan anak,istri dan keluarga tercinta.

Salam Kasih

Gema M G
g...@stocksforliving.com
YiM kwee.ch...@yahoo.com
Stocksforliving Indonesia,Ltd
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Salam Hormat...
Sebagai new bie, berterima kasih untuk kesempatan ikutan di OB.... Dengan
segala kerendahan hati, memohon kesempatan beropini...

Saya melihat, disini ada yang pro bear dan pro bull..tentunya masing2
memiliki pandangan dan perhitungan masing2, dan saya yakin dianalisa dengan
keringat darah...sehingga sebagai masyarakat yang demokrasi, harus tetep
menghargai pendapat masing2..saya yakin di market itu, tiap harinya ada yang
untung dan rugi. tidak ada yang searah di market...jika semua bilang bear
atau bull, maka tidak ada transaksi yang terjadi. oleh karena itu,
keberhasilan dari perdagangan apapun di market tergantung dari interprestasi
yang paling dekat dengan yang terjadi sesungguhnya.Ada juga yang berbicara
pada saya, sudah percuma berinvestasi di pasar modal Indonesia..ada juga
yang merasa mendapat berkah..untuk itu, saya pribadi melihat, kondisi pasar
bear dan bull itu sangat relatif untuk tiap2 individu terutama pada TIAP2
PORTOFOLIO.

Saran saya jika di ijinkan, berusahalah memiliki mental entrepreneurship
yang baik...sebagai pedagang sejati, kita akan siap menghadapi masa susah
maupun senang. Bagi saya, market dipenuhi oleh over reacting people yang
selalu berpikir berlebihan..dan selalu akan ada titik jenuh seperti layaknya
kehidupan..jika kita bisa melihat lebih luas dan tidak hanya terjebak pada
kegelisahan, keserakahan itu akan lebih bijaksana.

Buatlah trading plan yang baik..sehingga nantinya, anda tidak akan kuatir
market bull atau bear dan tidak terjebak pada optimism dan pesimism yang
berlebihan.. Saat bull anda tau harus berbuat apa, saat bear pun demikian.
Satu hal yang saya perhatikan yang terjadi selama ini, di market apapun,
pasar modal maupun business lainnya. akan ada siklus uptrend dan
downtrend...tetapi, di tengah2 itu, PELUANG SELALU TERBUKA.. sehingga, saya
sangat setuju dengan motto.... BULL MARKET MAKES MONEY,BEAR MARKET MAKES
MONEY,. Dan ini benar2 terjadi. Di market bear terparah pun, ada yang untung
disana...pertanyaannya, kenapa kita rugi disaat yang lain untung? itu
karena, pengetahuan, skill, mental yang kita miliki sekarang, belum layak
untuk bisa mendapatkan keberhasilan.

Jadi, saya harap...jangan lagi kita di bimbangkan oleh arah market.Terserah
market mau kemana,yang terpenting persiapkan diri untuk bisa survive di
segala jaman dan kondisi.saat itulah kita adalah pebisnis sejati.bagaimana
untuk memperlengkapi diri? ikut seminar, baca buku, dan sebagainya.Yang
terutama, Berdoa pada Tuhan, memohon hikmat dan anugerah agar kita bisa
berkarir dengan baik sesuai Mandat budaya yang Tuhan telah berikan pada
kita.

nb : Bagi yang sekarang sedang menderita kerugian paper pada porto folionya,
jangan kuatir.Segala sesuatu akan kembali pada titik keseimbangan semula
jika dirasa sudah terlalu pincang.Dan, turun naiknya harga pasti ada maksud
dibelakangnya.Harga tidak akan naik terlalu tinggi dan tidak akan turun
terlalu dalam.Tetap semangat, anda tidak sendiri, jadikan ini pelajaran
berharga...
Salam Kasih