Dear Pak Johannes,

Memang agak aneh kedengarannya ketika menyebut kegiatan trading di bursa
berjangka ini dengan sebutan spekulasi...

aktivitas Perdagangan di bursa menurut tujuannya dibagi 2:

1. Spekulasi

Disebut spekulasi karena pada dasarnya kita tidak bisa memprediksi
kemana market akan bergerak. Orang mengatakanada analisis tekhnikal dan
fundamental, yup betul kedua jenis analisa itu bisa membantu kita
mengambil keputusan tapi tidak menjamin 100% suggest yang diberikan akan
selalu bener. Ujung2nya tetap Risk Management. Bahkan ketika kita
mempunyai Trading System yang usdah memberikan kita profit 10 tahun
berturut2 misalnya juga tidak akan menjamin bahwa besok trading system
itu akan memberi profit...

Para penganut "Turtle Trading System" juga mengatakan diri mereka
sebagai spekulan. Ketika tidak ada trend di market para pemuja kura-kura
ini akan cenderugn kena stop loss, tapi ketika market trend profit
mereka berlipat2. Yang jadi masalah kapan tren itu muncul kita gak akan
tahu. Saya pernah mencoba backtesting dan forwardtesting menggunakan
salah satu teknik  "Kura-kura" ini....hasilnya selama hampir 50 kali
trading saya kena Stop loss melulu...Tapi begitu ada trend
panjang....wah profitnya lumayan bisa menutup lossnya...Tapi berapakah
orang yang sabar menunggu 40 kali loss baru profit...paling baru 10 kali
loss udah pada ngacir.

Intinya ketika kita berdiri sebagai spekulan sebenarnya tidk ada hal
yang bisa menjamin bisa profit 100%. Risk management itu kuncinya.

2.Hedging (lindung nilai)

Bank2 atau perusahaan besar biasa menggunakan bursa untuk fasilitas
untuk lindung nilai. Mereka-meraka inilah yang membuat bursa jadi lebih
likuid. Mereka pada dasarnaya ingin meminimalisasi resiko terhadap
komoditi fisik yang mereka punyai, oleh sebab itu mereka mengambil
posisi berlawanan di kontrak berjangka

Mungkin itu saja dari saya pak..Moon map jika ada salah2 kata

Idup FX Trader Indonesia

Idup Bursa Berjangka

Idup POREK..........

Regads,

Aditya

--- In [EMAIL PROTECTED], johannes ginting
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> hello pak Aditya, salam kenal
>
> sebagaian besar dari pernyataan dari Pak Aditya saya setuju, tetapi
ada sesuatu yang kelihataanya kurang pas, yaitu soal spekulan.
sepertinya Bapak menyebut semua orang yang trading di forex atau indeks
adalah spekulan, padahal tidak demkian, masih ada para trader yang
benar-benar mengambil posisi dengan cermat mengacu pada teknikal dan
fundamental.

> masalahnya adalah para trader tidak mau belajar lebih dalam soal
bisnis ini, sehingga kesannya mereka menjadi spekulan. Saya menganggap
bisnis ini tetap memiliki ruang sebagai investasi tergantung cara kita
bertransaksi di bisnis ini. perlu diingat bahwa setiap investasi selalu
ada resiko, meskipun memang resiko yang ada di bisnis ini lebih besar.
sehingga kita dapat memiliki persentese seberapa besar kita sanggup
menanggung resiko, 20%, 30% atau bahkan lebih.

> maka bisnis ini menjadi investasi atau hanya spekulasi saya kira
tergantung dari cara kita bertransaksi.

> terima kasih
>

> Johannes ginting
>

> Aditya [EMAIL PROTECTED] wrote: Dear Murti,
> Langkah yang anda ambil untuk berkonsultasi di milis ini sudah tepat
sekali. Milis ini banyak sekali bernaggotakan praktisi-praktisi. Yah
walupun selama ini hanya segelintir orang dari praktisi-praktisi itu
yang berbicara. Tapi secara keseluruhan rekan-rekan tersebut tetap
memantau berita/rumor dan perkembangan laiinnya di milis ini.
> Sedikit meluruskan, sering orang menganggap "Trading" Forex ataupun
Stodex adalah investasi....Tapi pada kenyatannnya yang dilakukan adalah
menjadi Spekulan...
> Spekulator adalah orang yang mengambil untuk dari perubahan2 harga di
bursa. Berbeda dengan Hedger yang menggunakan bursa untuk lindung nilai.
> 2. Berapa keuntungan yang bisa di dapat dari Index untuk satu bulan
> Tidak ada batasan maksimum untuk profit ketika anda Trading....Mau 3%,
5%, 10%, bahkan 100% sebulan bisa saja tergantung kita yang memanage
account kita. Loss/resiko yang mungkin ada adalah 100% juga dari margin
yang anda setor. Jadi jangan kaget kalo tiba2 bulan ini anda profit
sampai 200% eh tiba2 bulan depan duit anda amblas...Itu hal biasa yang
terjadi...
> Kebanyakan orang yang mengalamai loss hingga 100% karena tidak
memiliki / menerapkan Risk management yang baik....Prinsip Trading yang
bagus adalah "Let's Ur profit run and cut ur losses"...maksudnya ketika
anda searah dengan market dan anda profit biarkan saja profit tersebut
mengalir dalam kantong anda, tapi ketika posisi anda berlawanan dengan
market anda harus tahu sampai sejauh mana anda membatasi resiko dalam
posisi anda yang sudah terlanjut salah.
> Selain Risk management cobalah belajar untuk bisa trading menggunakan
Trading strategy, trading rule dan trading system yang benar....