Sabtu, 13/06/2009 21:33 WIB
Raih 62,6 % Suara, Ahmadinejad Kembali Pimpin Iran
Irwan Nugroho - detikNews

Teheran - Calon presiden Iran incumbent, Mahmoud Ahmadinejad (52), memenangi
pemilihan umum presiden di Iran secara mutlak. Ahmadinejad meraup 62,6 persen
suara.

Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri Iran, Sadeq Mahsouli, seperti dikutip
dari reuters, Sabtu (13/6/2009). Sementara penantang Ahmadinejad, Mirhossein
Mousavi (67), hanya memperoleh 33.75 persen suara.

Mousavi langsung menolak hasil penghitungan suara yang disebutnya sebagai
"tebakan yang berbahaya". Mantan PM Iran ini kembali melancarkan protes atas
banyaknya pelanggaran yang terjadi dalam Pilpres Jumat, 12 Juni kemarin.

"Saya memperingatkan, saya tidak akan pasrah terhadap tebakan yang berbahaya
ini. Hasil yang ditunjukkan oleh beberapa pejabat akan membahayakan tiang
Republik Islam dan melanggengkan tirani," kata dia.

Sebelumnya, Mausavi telah mengklaim dirinya sebagai pemenang definitif. Dia
mengungkapkan banyak pemilih tidak dapat memilih karena surat suara yang kurang.

Tapi, bagaimanapun penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Iran tampaknya
telah menjamin Ahmadinejad kembali memimpin Iran untuk keduakalinya.
Ahmadinejad memperoleh 61,6 persen suara, sedangkan Mousavi 32,5 persen. Pemilu
Iran kali ini diikuti oleh 39 juta pemilih atau 80 persen dari pemilih
terdaftar.

Kirim email ke