Baca artikel dibawah ini, tersirat pesan dari Pak Jaya Suprana adanya
perbandingan dengan jaman Hitler di Jerman. Siapa ya yang dimaksud?...
hehe....

Debat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/250385/1/

Saturday, 27 June 2009                       SALAH satu perangai politik
Indonesia adalah gemar berkiblat ke Amerika Serikat (AS). Apa pun yang
dilakukan di AS, niscaya senantiasa dianggap sebagai yang terbaik,
sehingga harus ditiru, tanpa peduli selaras atau tidak dengan kebudayaan
Indonesia.

Sistem keperdanamenterian yang terbukti berfungsi bagus di Singapura,
Malaysia, maupun Thailand, sengaja tidak dikembangkan di Indonesia.
Malah presiden yang memegang wewenang eksekutif,yang terbukti
terhuyung-huyung di Filipina, sang penjiplak ulung AS, gigih
dipertahankan di sistem pemerintahan Indonesia.

Tidak heran apabila acara debat antarcalon presiden (capres) yang
menjiplak sistem Pemilu Presiden (Pilpres) AS akhirnya dipaksakan di
sistem Pilpres Indonesia. Jelas, debat bukan merupakan bagian peradaban
dan kebudayaan Nusantara yang memang lebih mengutamakan harmoni
ketimbang konflik.

Debat bukan merupakan bentuk sikap dan perilaku terpuji, seperti
misalnya patuh atau taat. Debat sama sekali asing pada saat-saat
komunikasi religius seperti misalnya khotbah. Anak yang mendebat orang
tua, murid yang mendebat guru, bawahan yang mendebat atasan, apalagi
umat yang mendebat ulama, jelas dianggap bersikap dan berperilaku
kurangsenonoh,bahkankurang ajar.

Karena itu, di sidang-sidang DPR, pekik "Setujuuuuuuuuuu...,"
lebih sering menggaung. Esensimakna falsafah musyawarah mufakat memang
berseberangan dengan makna perdebatan. Ketimbang debat, masyarakat Jawa
lebih memilih diam sebagai isyarat tidak setuju.Di dalam karya teater
tradisional Nusantara, lazimnya adegan dialog perdebatan hanya sebagai
pengantar menuju adegan perkelahian.

Praktis tidak ada adegan debat murni hanya untuk debat. Maka dalam
lelakon Bharatayuda, menjelang pertempuran melawan Karna di Padang
Kurusetra, Sri Kresna terpaksa melakukan monolog wejangan Bhagavad Gita
bagi Arjuna tanpa sedikit pun didebat.

Perilaku komunikasi Indonesia memang lebih senang memberi wejangan dan
menerima wejangan ketimbang debat, seperti Harmoko yang pasti tidak
pernah mendebat Pak Harto karena sangat tergantung pada petunjuk Pak
Harto! Namun di sisi lain,masyarakat Indonesia sebenarnya juga suka
menonton konflik yang terjadi pada orang lain. Menonton orang adu tinju,
gulat, dan olahraga konflik lain seperti tenis, tenis meja, bulutangkis,
voli, sepak bola,merupakan hiburan yang sangat digemari di Indonesia.

Demikian pula dengan sendirinya debat. Maka Komisi Pemilihan Umum (KPU)
beserta segenap pemilik stasiun televisi gigih berjuang agar acara debat
diselenggarakan dan ditayangkan lewat teknologi televisi demi bisa
menjual iklan kepada para sponsor semudah mungkin!

Akhirnya, pada Pilpres 2009, KPU berhasil memaksa para capres dan para
cawapres harus bersedia tampil sebagai "anak wayang" yang wajib
berdebat habis di acara televisi khusus, meski semuanya bukan ahli debat
profesional, bahkan belum tahu benar bagaimana sebenarnya cara berdebat
secara profesional.

Alhasil dalam kondisi bukan sukarela seperti para gladiator di zaman
Romawi dulu itu, para capres dan cawapres tampil di kaca televisi untuk
menunaikan tugas kewajiban mereka berdebat demi memuaskan kebutuhan
masyarakat Indonesia atas hiburan dan memuaskan nafsu pengusaha televisi
untuk mengeruk profit dari berbagai sumber. Hasilnya bagaimana, tidak
perlu dibeber di sini, namun yang jelas lebih banyak yang tidak puas
ketimbang puas.

Yang puas pun hanya para ahli komunikasi dan politik yang menganggap
debat adalah syarat mutlak agar rakyat bisa memilih siapa pemimpin masa
depan Republik Indonesia. Sementara anggapan bahwa debat adalah syarat
menjadi kepala negara yang tepat dan benar sebenarnya absurd.

Menjadi kepala negara yang mampu menatalaksana tampuk kepemerintahan
sebuah negara secara profesional an sich tidak ada kaitan dengan
kemampuan berdebat. Kemampuan Soeharto yang pendiam dan tidak pernah
berdebat sebab memang tidak sudi didebat, de facto dalam hal memimpin
negara Indonesia bukan tergolong mutu buruk, kecuali diterawang dengan
lensa kacamata demokratis gaya AS.

Kemampuan Lech Wallesa berorasi dan berdebat,sampai berhasil ikut
merobohkan benteng komunisme bukan hanya di Polandia namun juga merambah
sampai ke segenap negara tirai besi di Eropa Timur, terbukti tidak
menjamin keberhasilan kepresidenannya di Polandia yang kemudian terbukti
gagal total itu.

Kemampuan orasi dan berdebat Adolf Hitler termasuk kelas sakti
mandraguna yang sulit dicari tandingannya.Namun,apakah kita rela rakyat
Indonesia terbius sihir orasi dan debat hingga Indonesia diseret menjadi
seperti Jerman di masa Nazi? (*)

JAYA SUPRANA *
--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, zaka...@... wrote:

> Tambahin pak :
> Mau yg tutur bahasanya santun.mau yg tampil di TV keliatan cerdas ,mau
yg berasal dari pacitan..semuanya terserah anda bebas memilih apa saja
asal LANJUTKAN..
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

<obrolan-bandar%40yahoogroups.com>,

http://bisnis.vivanews.com/news/read/16072-menteri_keuangan_bantah_inter\
vensi_bi

http://www.inilah.com/berita/ekonomi/2009/06/03/112149/independensi-bi-t\
inggal-kenangan/

Misalnya
Presiden,

SBY

obrolan-bandar@yahoogroups.com<obrolan-bandar%40yahoogroups.com>

<mailto:obrolan-bandar%40yahoogroups.com<obrolan-bandar%2540yahoogroups.\
com>>,

Pergerakan

KPK

memerintahkan BPKP