Untuk kesekian kalinya BRPT telah mencapai 850 dan saat ini sdh
bertengger di atasnya. Semoga perjalanan tsb bisa menjadi
pembelajaran kita semua...

Beberapa saat lalu tgl 24/1/07 Edy DJ. menulis sbb;

"BRPT: 780-900. A turn around story... It business has improved
after debt restructuring and financial engineering. It looks like
that it is now the cheapest forestry company compared to its Asian
peers. BUY on weakness as it may return to IDR2,000 level in 12
months."
Walaupun target di atas diperbaharui lagi harganya di kemudian
hari...

Lesson 1;
Kelihatan mulai banyak orang tahu apa yg sedang terjadi di BRPT.
Maksud saya; Big Players (Bandar) mestinya mempunyai AKSES jauh
lebih AKURAT dan MENDAHULUI dibandingkan yg LAIN….
Karena itu mereka berani "membandari"…
Logikanya kalau tdk punya ALASAN yg KUAT (dasar FA kata orang)
sangat beresiko beli saham dlm jumlah BESAR, apalagi pake NIAT
membandari...

Lesson 2;
Bicara dasar "riset" kebanyakan bandar2 sudah punya analis atau
riset sendiri
Sbg contoh; BRPT sdh naik dari 500 sd 850 masih byk trader bilang
ini saham GORENGAN, utk "menutupi" ketidaktahuan mereka thd saham yg
dibicarakan.
Ntar kalau harga sdh di atas 1000 baru RISET asing maupun lokal akan
BERMUNCULAN!?
Artinya ada proses WAKTU dan PEMBUKTIAN HARGA yg lumayan JAUH baru
para analis berani melakukan ANALISA.

Waktu BRPT masih dibwh 500, saat para gajah bergerilya di BRPT…..byk
yg bilang kalau:
kayunya sudah mau habis
HPH sekarang dibatasi…
Mau bangkrut
Dst…
Mereka lupa kalau sebagai emiten, BRPT (seperti TINS) akan terus
melakukan SURVIVAL for LIFE...

Dlm politik sbh lembaga, parpol dll dianggap sbg sebuah ENTITAS dan
dianalogikan sbg makhluk hidup. Maksudnya entitas tsb akan bergerak
atau berperilaku sbgmn manusia. Setiap manusia tdk akan mau begitu
saja MATI KONYOL kecuali yg sdh depresi, frustasi dan bosen hidup.

Lesson 3;
Dalam upaya survival kelihatannya BRPT akan melakukan sebuah
CORPORATE ACTION.
Terserah utk kesekian kalinya manajemen BRPT MEMBANTAH di mass
media, kalau tdk salah wartawannya sampai MALU utk nulis beritanya
lagi.
Mau diversifikasi? Akuisisi? dst...yg jelas ada indikasi TURN AROUND
STORY.
Maksudnya sdh banyak emiten di BEJ yg berulang kali membantah
rencana corporate action yg akan mereka lakukan, toh WAKTU
menunjukkan kenyataannya memang ADA!

Lesson 4;
Kalaupun tdk ada corporate action, faktanya BRPT sudah naik hingga
harga sekarang. Berarti pasar atau siapapun bisa menerima...
Maksudnya BANDAR kalau sudah ada maunya thd saham yg dia bandari mau
dibawa NAIK/TURUN/MANTENG bisa didasari TANPA ALASAN APAPUN!!!
Utk alasan malah pasar yg SERINGKALI membuatnya sbg dasar PEMBENARAN
pergerakan harga, bukan bandarnya sendiri.

Lesson 5;
Beberapa saat lalu berkaitan dg BRPT, saya MAMPU mengatakan news di
Koran SEBELUM terbit.
Apakah saya kenal dg wartawannya?
Apakah saya yg membuat berita?
Semua itu tidak penting, yg penting adalah pelajaran berikut ini;
"Jangan mengaku menjadi BANDAR kalau TIDAK MAMPU mengetahui NEWS
sblm dikeluarkan ke mass media atau DIKONSUMSI oleh PUBLIK"

Lesson 6;
Pembicaraan di atas SEKALI LAGI bukan utk sombong2an tapi hy utk
menunjukkan PERBEDAAN AKSES informasi antara retail dan big players.
Saya sama sekali tidak sakti, pinter atau kemampuan yg lain hanya
punya pekerjaan TUKANG NGINTIP.
Orang bilang Trading by RUMORS yg katanya sangat beresiko.
Sama sekali bukan anggota BIN, ndak ada sangkut pautnya dg dunia
intelejen, walaupun saya tahu byk tentang dunia tsb. Dari film sama
novel, hehehe...
Sayangnya perilaku saya di bursa seperti ini tdk bisa DIKURSUSKAN,
seperti yg dilakukan oleh Eyang Ratmand, Master Santo Vibby, Wan Al,
P. Al Fatih…dst.
Kalau beliau2 berpesan utk terus BELAJAR…BELAJAR ….dan BELAJAR.
Kalau saya cuman mengajak "Ayo banyak BERTEMAN karena banyak teman
terbukti banyak REJEKI".
Satu musuh sdh terlalu banyak…(ya nggak P. Vibby?)

Ini semua banyak berkaitan dengan fundamental akan saya lanjutkan
dengan teknikal di ulasan berikutnya....

Kirim email ke