Berita dari Detik.com
http://pemilu.detiknews.com/read/2009/07/15/193749/1165770/700/isu-suara-sby-di-bawah-50-di-tabulasi-kpu-diminta-klarifikasi

Isu Suara SBY di Bawah 50% di Tabulasi, KPU Diminta Klarifikasi

*Jakarta* - Koordinator Teknologi Informasi (TI) Tabulasi Suara dan Relasi
KPU Tim Megawati-Prabowo Arif Wibowo mendesak KPU segera mengklarifikasi
soal SMS yang beredar tentang penutupan tabulasi KPU berbasis SMS itu akibat
perolehan SBY di bawah 50 persen. Punya bukti?

"Tim juga banyak menerima SMS-SMS (perolehan SBY di bawah 50 persen) begitu.
Kami minta KPU untuk membuka apa dibalik tabulasi nasional tersebut. Karena
ada kecenderungan tabulasi yang dilakukan hanya untuk menjustifikasi hasil
dari quick count. Sekarang kok berhenti, kenapa tidak diteruskan," kata
Arif.

Hal itu disampaikan Arif kepada wartawan seusai menghadiri Rapimnas PDIP di
Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (15/7/2009).

Menurut Arif, sejak awal memang banyak sekali pekerjaan dan perilaku KPU
yang mencurigakan. Hal ini disebabkan karena KPU selalu tidak transparan
terhadap parpol atau tim kampanye pasangan capres-cawapres yang akan
bertanding.

"Sejak awal KPU tidak transparan soal metode teknologi tabulasi nasional
pada publik dan tim kampanye. Kami akan menginvestigasi kebenaran info
tersebut (SMS perolehan SBY di bawah 50 persen). Kalau benar, itu berarti
malapetaka bagi demokrasi," papar Arif.

Sebelumnya beredar SMS yang isinya menyatakan bahwa perolehan suara hasil
hitungan manual KPU (real count) menunjukkan hasil yang mengagetkan.
Perolehan suara SBY Boediono memang berada pada urutan pertama disusul
pasangan Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto.

Akan tetapi, perolehan SBY yang diisukan SMS itu hanya memperoleh 47,32
persen akan berakibat terhadap adanya putaran kedua. Jika putaran kedua
terjadi, maka SBY harus mempersiapkan diri untuk bertarung kembali dengan
Megawati.

Inilah SMS yang beredar mengenai perolehan real count KPU yang ditutup
karena hasil perolehan SBY dibawah 50 persen.

"Kenapa tabulasi KPU dihentikan? Info dari YD peneliti IFES, karena dilarang
dipublikasikan tabulasi akhir yaitu: SBY-BUDI: 47,32%, MEGA-PRO: 32,15%,
JK-WIN: 20,53%. *( yid / asy )*