--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Tommy Jayamudita"
<jayamud...@...> wrote:

> Pak Boyz, ini animasi menarik sekali! Pertama dipandang (seluruh badan
atau pinggang ke atas) berputar searah jarum jam, kalau perhatian
diarahkan ke lutut, tumit dan bayangan kaki, berubah melawan arah jarum
jam, kalau perhatian di antara pinggang dan lutut, bergerak ke kanan
kiri bergantian. Kalau sudah mengalami ketiga gerakan, selalu terlihat
bergerak kanan kiri.

Saya kirain pak Tommy memperhatikan bagian tubuh yang lain, hehehe...
just kidding pak ... :)

> Yang hebat, saya mengajak 2 orang lain bersama-sama memandang gambar
tersebut, arah gerakan yang ditangkap berbeda semua.

> Sebenarnya ini menandakan/menjelaskan tentang apa?

Ini disebut juga sebagai Silhouette illusion.
Seperti yg telah ditulis pak,
itu menandakan belahan otak mana yang dominan.

Jika gambar wanita tsb terlihat berputar searah jarum jam/clockwise/dari
arah kiri ke kanan,
Maka artinya si penglihat adalah seseorang yang dominan otak kanan.

Jika gambar wanita tsb terlihat berputar melawan arah jarum
jam/anti-clockwise/dari arah kanan ke kiri,
maka artinya si penglihat adalah seseorang yang dominan otak kiri.

Dengan mengubah dominasi otak yg sedang bekerja, seseorang bisa melihat
arah yg sebaliknya.
Artinya : both direction can be seen.
Yaitu dengan switching active brain hemisphere.

Pernah di presentasikan oleh seseorang,
Dari 61 wanita, 49 melihatnya berputar clockwise, 12 melihat
anti-clockwise.
Dari 60 pria, 50 melihatnya berputar clockwise, 10 melihat
anti-clockwise.

Salam.