--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "rx_mencen...@..." <rx_mencen...@...>
wrote:

> Pak oentoeng,
>
> Bagaimana sih seseorang/sekelompok orang bisa menjadi bandar?

Karena ada niat maka ada jalan...

Apa memang sedari awal dia/mereka punya modal yang kuat?

Idealnya begitu...
Tapi sewaktu mereka sebagai trader yg sukses, mereka memberanikan diri untuk
"menampung dana".
Dana tsb karena "cukup besar" makanya cukup untuk "membandari saham" terutama 3
liners.
Doakan saja mereka segera "naik pangkat" sahamnya agak "bagusan" dikit.
Biar kita rame2 dpt berkahnya juga...

> Atau apakah karena punya network/koneksi yang kuat?

Kalau ada duit, networking itu bukan hal yg sulit.
Simple way...anda daftar aja ke Mr. Jack; sdh dpt "link" ke Gang mereka.
Hehehe...

> Lalu dengan adanya dunia perbandaran ini apakah berarti analisa fundamental
> menjadi tidak berguna??

Perlu ditekankan bahwa dlm "perbandaran" fundamental is number one...
Artinya jgn coba2 "membandari" saham org laen dg FA yg parah, itu namanya bunuh
diri.
Kecuali saham engkong sendiri, kwekwekwek...