Tq Embah newbie ikutan belajar nih
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "jsx_consultant" <jsx-consult...@centrin.net.id>

Date: Sat, 05 Sep 2009 04:31:41
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ob] (Help) Gunanya kurva lonceng di saham/forex

Embah coba jawab secara populer, mudah mudahan cara ini bisa
menjelaskan:

Anggaplah embah seorang ahli I Ching yg hidup ribuan tahun yg
lalu, lalu embah menggunakan metoda statistik untuk mendukung
ilmu I Ching embah.

Say dari Ilmu I Ching, embah sudah tahu kalo saat bulan purnama
maka air laut naik, tapi embah mau lebih exact dan lebih ilmiah
lagi. Lalu embah melakukan pengukuran tinggi air laut setiap
bulan purnama. Dari data data itu embah membuat grafik distribusi
nya:

Say embah melalukan 100 kali pengukuran dan hasilnya sbb:
- Rata rata air laut naik 100 cm saat bulan purnama
- Tinggi terendah 50 cm dan tinggi tertinggi 150 sm
- Standar deviasi (sebarannya) 30 cm

Disamping itu embah membuat table hasil pengukuran:
Tinggi-air  Frequency Running Total
==========  ========= ==========
50-60       2         2
60-70       3         5
70-80       8         13
80-90       15        28
90-100      22        50
100-110     23        73
100-120     14        87
120-130     7         94
130-140     4         98
140-150     2         100
=========   ========= ==========
Total       100       100

Kalo grafik frequency ini digambar maka akan terlihat seperti
lonceng.

Dan dari tabel ini seorang ahli I Ching bisa nampak lebih
ilmiah karena bisa bilang seperti ini:

- Hari ini bulan purnama maka air laut akan naik rata2 100 cm
- Bisa jadi air laut naik sampe diatas 130 dengan kemungkinan
  kecil yaitu 6% (4+2)
- Bisa juga air laut tidak naik diatas 70 cm dengan kemungkinan
  cuman 5% (2+3).
- Tapi lebih baik anda bersiap siap karena dipastikan air laut
  akan naik diantara 70 sampe 120 dengan probability 79%(8+15+22+
  23+14+7)

Metoda ini sudah diterapkan pada banyak hal misalnya angka
Fibonacci:

Misalnya wave 3 yg kuat akan koreksi sebesar 23% rata ratanya,
dan bisa dibilang wave 3 akan koreksi diantara 19% sampe 27%
dengan keyakinan minimal 80% (angka benernya harus liat hasil
research statistik Fibonacci).

Memang untuk mengerti concept kurva normal agak susah tapi
mudah mudahan penjelasan yg TIDAK ILMIAH diatas bisa
mengantarkan anda untuk bisa membaca buku statistik tentang
Kurva Lonceng ini...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, putera...@... wrote:

> Seinget ane, embah udah jawab deh Pak. Dan yg satu2 nya jawab ya Embah itu.
> Jujur ane gak tau, jadi gak bisa bantu. Sorry Pak
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Kirim email ke