Boss Art, sudah malam nih ..
Sudah boleh dibahas kah ?
Tadi siang analyst2 dikumpulin, dikasih wejangan biar bisa ngitung FA yg
bener ...
Warga OB ada yg ikut tdk ?

Selasa, 06/10/2009 17:45 WIB
BUMI Refinancing Utang US$ 1,2 Miliar
*Indro Bagus SU* - detikFinance

**
 *Jakarta* - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan membiayai kembali
(refinancing) utang sebesar US$ 1,2 miliar dengan pinjaman raksasa dari
China Investment Corporation (CIC) senilai US$ 1,9 miliar. BUMI juga akan
melakukan pelunasan seketika atas utang akuisisi 3 perusahaan batubara
senilai Rp 5,116 triliun.

"Dana pinjaman dari CIC akan digunakan untuk refinancing seluruh utang BUMI
senilai US$ 1,2 miliar, serta pelunasan seketika akuisisi 3 perusahaan
batubara dan sisanya untuk capex," ujar salah seorang analis disela-sela
'Analyst Meeting' yang digelar di Wisma Bakrie 2, Jl Rasuna Said, Jakarta,
Selasa (6/10/2009).

BUMI baru saja mendapatkan pinjaman dari CIC senilai US$ 1,9 miliar. Selain
untuk refinancing seluruh utang BUMI sebesar US$ 1,2 miliar, dana tersebut
juga digunakan untuk pelunasan seketika sisa kewajiban akuisisi PT Fajar
Bumi Sakti (FBS), PT Pendopo Energi Batubara (PEB) dan Zurich Asset
Investment yang merupakan induk usaha PT Darma Henwa Tbk (DEWA).

Pada 30 Desember 2008, BUMI mengakuisisi 80% saham Zurich senilai Rp 2,142
triliun. Dengan akuisisi ini, BUMI secara tidak langsung menguasai 44% saham
DEWA.

Pada 5 Januari 2009, BUMI mengakuisisi 76,8% saham FBS senilai Rp 2,475
triliun. Namun nilai ini direvisi menjadi Rp 1,4 triliun dengan kepemilikan
menjadi 50%.

Pada 7 Januari 2009, BUMI mengakuisisi 84% saham PEB senilai Rp 1,304
triliun. Total nilai 3 akuisisi ini setelah revisi nilai akuisisi FBS adalah
sebesar Rp 5,116 triliun.

Pembayaran tiga akuisisi tersebut dibagi menjadi beberapa tahap. Hingga saat
ini BUMI telah membayar 3 akuisisi terseut senilai Rp 1 triliun.

Dengan demikian, sisa kewajiban akuisisi yang masih harus dibayar BUMI
sebesar Rp 4,116 triliun atau kurang lebih US$ 410 juta.

"Menurut penjelasan manajemen, percepatan pembayaran akuisisi diambil oleh
BUMI karena mereka mendapat tawaran menarik dari CIC," ujarnya.

Refinancing utang US$ 1,2 miliar, ujar analis tersebut, juga karena
mekanisme pembayaran utang kepada CIC lebih mudah ketimbang pinjaman yang
saat ini dimiliki BUMI.

"Dengan mengambil pinjaman CIC, meskipun harus menjaminkan seluruh
kepemilikan BUMI di KPC (PT Kaltim Prima Coal) dan Arutmin (PT Arutmin
Indonesia), akan memberikan keleluasaan bagi arus kas BUMI ke depan," jelas
analis itu.

Oleh sebab itu, BUMI memutuskan untuk mengambil langkah berani menjaminkan
dua aset primadona perseroan untuk melunasi seluruh pinjaman yang ada serta
pelunasan seketika 3 akuisisi.

"Sisa dana sebesar US$ 300 juta akan digunakan untuk capex (belanja modal)
perseroan," jelasnya.

*(dro/qom)*