Kata fractal berasal dari Facture atau Broken, kata fractal
ini dikemukakan oleh Mandelbrot, seorang ahli Chaos (kekacauan).

Fractal adalah sebuah bentuk geometri dimana jika dipecah pecah
menjadi pecahan yg lebih kecil maka pecahan kecil itu akan
punya bentuk yg SELF SIMILARITY dengan bentuk aslinya.

Kenapa perubahan harga/reversal disebut Fractal karena
memang bentuk fractal V ini adalah pecahan yg SELF SIMILAR
dari bentuk fractal V yg lebih besar.

Contoh:
- Jika pada grafik mingguan terjadi Fractal V maka pada
  skala harian akan ditemukan juga Fractal V yg lebih kecil.
  Dan ini akan berulang keskala yg lebih kecil, jam dan menit.

Kebakaran besar berasal dari kebakaran yg lebih kecil dan
kebakaran kecil berasal dari titik api. Tapi ini tidak
berlaku sebaliknya. Jadi jika ada titik api maka belum
tentu jadi kebakaran besar.

Kalo kita lihat grafik BUMI, pada level 2850 sudah terjadi
Fractal V pada skala grafik 30 menit, apakah Fractal ini
akan menjadi Fractal V yg lebih besar pada skala harian
atau mingguan ?. Jawabannya belum tentu, tapi perhatian
kita harus FOCUC pada Fractal V di 2850 karena fractal
intraday ini bisa saja menjadi CIKAL BAKAL fractal V
yg lebih besar...

Ingat semua GERAKAN BESAR BERASAL DARI BENTUK FRACTAL INI,
jadi semua trade sebaiknya dimulai dengan adanya fractal...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Hans Kwee <hanskwe...@...> wrote:

> ikut nimbrung mbah...
>
> Saya melihat fraktal adalah sebuah keadaan dimana segala sesuatu berulang
> dengan teratur embah... salah satunya setelah kenaikan ada penurunan setelah
> penurunan ada kenaikan....
> perubahan dan pola ini bisa di kenalin dan membantu prediksi arah...
>
> thx
> Hans

Kirim email ke