Mindi Kecil(Melia azedarach L.)
Sinonim :
>M. azadirachta L., M. dubia auct. (non. Cav.) How et T. Chen, M. dubia Cav.,
>M. japonica G. Don., M. toosendan Sieb.et Zucc.
Familia :
>Meliaceae

Uraian :
Mindi
kecil kerap kali ditanam di sisi jalan sebagai pohon pelindung, kadang
tumbuh liar di daerah-daerah dekat pantai. Pohon yang tumbuhnya cepat
dan berasal dari Cina ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai
pegunungan dengan ketinggian 1.100 m dpl.
Pohon yang bercabang banyak ini mempunyai kulit batang yang berwarna
cokelat tua, dengan tinggi sampai 4 m. Daunnya majemuk, menyirip ganda,
tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm. Anak daun bentuknya bulat
telur sampai lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal membulat
atau tumpul, permukaan atas daun berwarna hijau tua, bagian bawah hijau
muda, panjang 3-7 cm, lebar 1,5-3 cm. Bunga majemuk dalam malai yang
panjangnya 10--20 cm, keluar dari ketiak daun. Daun mahkota berjumlah
5, panjangnya sekitar 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum.
Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1,5 cm. Jika masak warnanya
cokelat kekuningan, dan berbiji satu. Perbanyakan dengan biji.
Biji sangat beracun dan biasa digunakan untuk meracuni ikan atau
serangga. Daun yang dikeringkan di dalam buku bisa menolak serangga
atau kutu.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH
Sumatera: renceh, mindi kecil. Jawa: gringging, mindi, cakra-cikri. NAMA ASING
Ku lian pi (C), xoan, sau dau, kho luyen, may rien(V), chinaberry, bead tree,
persian lilac, barbados lilac (I). NAMA SIMPLISIA
Meliae Cortex (kulit kayu mindi kecil), Meliae Fructus (buah mindi kecil).

regards,

DonQicot
DEWA gowes ke GoCeng !!