________________________________
From: Vivie Wimpie <vivi.wim...@yahoo.com.au>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Fri, 15 January, 2010 12:10:05 PM
Subject: Re: [ob] Re: ENRG

Sedikit tambahan buat Bu Fifi, semoga berguna.

Berapa Jumlah saham Anda setelah Right Isue :
Misal kita mempunyai saham DEWA sebanyak 1000 lot.
Apabila anda menebus rightnya dengan perbandingan 5(old) : 2 (new), maka
berarti anda harus membeli saham baru sebanyak :
1000lot dibagi 5 x 2 = 400 lot.
Berarti anda harus mengeluarkan uang sebesar 400 lot x 500 x 100,- = Rp.
20.000.000,-
Sehingga saham anda menjadi 1000 lot + 400 lot = 1400 lot.
Dengan demikian maka prosentasi kepemilikan saham anda tetap tidak berubah
antara sebelum dan sesudah right issue, dengan kata lain saham anda tidak
terdilusi.

Apa pengaruhnya bila anda tidak melaksanakan Right Isue :
Bila anda tidak membeli saham barunya, maka kepemilikan saham anda akan
terdilusi menjadi sebesar :
1000/1400 x 100% = 71.42%.

 (Sahamnya sih tetap saja 1000lot, sedangkan Prosentasi kepemilikannya menjadi
berkurang sebesar 100%-71.42% = 28.58%).

Berapa harga teoritis saham setelah Right issue :

Harga teoritis = (harga terakhir cum datex jumlah saham old) + (harga tebus x
jumlah saham baru) dibagi (Jumlah saham lama + jumlah saham baru).

Misal harga DEWA pada tanggal tercakhir cum date adalah 140, maka harga
teoritisnya adalah sebagai berikut :
(140 x 5) + (100 x 2) dibagi ( 5+2) = (700 + 200) : 7 = 128, 57.

Harga teoritis saham Dewa setelah cum date adalah 128, 57
Berarti bila saham DEWA setelah Right Isue harganya diatas 128,57 berarti naik.
Sedangkan bila harganya turun dibawah 128,57 berarti turun.

Bagaimana jika anda tidak mempunyai sahamnya, tapi ingin berpartisipasi :
Beli saja Right’nya pada saat periode perdagangannya, dengan demikian anda
dapat membeli saham baru dengan menggunakan right tersebut.
Yang perlu anda pertimbangkan adalah berapa harga right untuk saham baru
tersebut.
Misal harga DEWA pada akhir masa Cum Date : 140.
Nilai tebus 100.
Perbandingan adalah 5(old) : 2 (new).
Harga teroritis saham DEWA setelah Right : 128.
Maka Right akan diperdagangkan sekitar 128-100 = 28.
Bagi anda yang tidak akan menebus saham barunya, anda bisa menjual right tsb.

Timbul pertanyaan apakah setelah Right Isue apakah sahamnya akan naik :
Biasanya Emiten seharusnya menjaga sahamnya untuk tidak turun, agar para trader
tetap mau memegang sahamnya.
Namun mengenai akan naik atau turunnya adalah tergantung prospek dan tujuan
emiten mengadakan Right Isue ini, apakah akan lebih meningkatkan profit atau
tidak?
Bila akan meningkatkan profit, maka P/E’nya dengan sendirinya akan naik,
sehingga sahamnya juga akan naik.
Oleh karena itu, sebagai Trader tetap saja kita harus bisa melakukan
pengantisipasian untuk semuanya ini, lain halnya bila anda ingin menjadi
seorang investor. (sumber: AT)

Salam,