Dear Hexamail

Maaf sebelumnya, rasionalisasi yang anda tanyakan dari sudut pandang apa? Kalau
rasional dari sudut pandang data perhitungan ekonomi outlook mungkin tidak
dalam pengamatan saya dalam perhitungan 2750 ini. Namun jika sudut pandang yang
digunakan adalah probabilitas di dalam analisa teknis, saya akan bagikan. Dan
perlu digaris bawahi, bahwa terkadang harga bergerak tidak rasional seperti
yang kita harapkan, walau mengejar rasionalitas itu memang diperlukan, demi
sebuah harmoni market.

Didalam trading, kita akan mengetahui 3 hal yakni Minimum, Typical, dan Maximum
target. Trader yang baik adalah trader yang merencanakan posisinya mulai dari
Typical hingga 75% dari maximum targetnya. Dalam hal ini, melihat kondisi JKSE
yang sekarang, saya menemukan 2 titik inti yaitu Typical dan Maximum target
dari pergerakan JKSE.

Typical target adalah 2.763 - 2.800 dan Maximum target ada pada 3.063 - 3.133.
Per hari ini kita lebih bijak jika melihat Typical target. Pada saatnya jika
harga lebih kuat dari halangan di Typical target tersebut, mudah-mudahan Tuhan
merestui target ke dua disentuh. Sehingga posisi yang masih merah bisa di
selamatkan. Jika kita menggunakan Square of Nine Cardinal chart untuk memetakan
harga maka angka-angka tersebut akan terlihat. Melihat target harga adalah
penting, namun yang lebih penting bagaimana menempatkan diri sesuai dengan
kapasitas masing-masing dalam menyikapinya.

Ada sebuah kata-kata yang cukup baik. Analisa Boleh Salah, tapi Trading tidak
boleh Kalah. Tentunya banyak faktor yang harus di lengkapkan disini. Trading
tidak hanya bicara analisa. Analisa hanya salah satu bagian dari pada trading.

Kiranya dapat memperjelas. Tuhan memberkati anda dan keluarga

Salam Kasih
Gema
www.stocksforliving.com