From: obrolan-bandar@yahoogroups.com
[mailto:obrolan-ban...@yahoogroups.com] On Behalf Of Jacob Oen
Sent: Saturday, January 16, 2010 1:29 PM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: Re: [ob] Inkongruensi Bangsa Ini

Menurut saya, sebuah kebijakan yang baik dan tepat sekali pun selalu
saja memunculkan "pro-con" aspek. Yang terpenting bahwa kebijakan itu
dibuat pada saat yang tepat, dengan pertimbangan matang, dan menempatkan
kepentingan nasional sebagai yang utama.

Kebijakan bail-out bank Century tidak saja memperhatikan masalah mikro
tetapi juga mempertimbangkan kestabilan makro yaitu system keuangan
nasional dan perekonomian bangsa secara menyeluruh. Dalam situasi yang
sangat mendesak karena pengaruh Global crisis, jatuh-nya harga-harga
saham dan melemahnya nilai mata uang, sebuah tindakan antisipatif, cepat
dan berani merupakan suatu keharusan dan perlu diapresiasi. Jadi
kebijakan bail-out Bank Century menurut saya adalah pilihan terbaik yang
tersedia sehingga akhirnya perekonomian Indonesia bisa kembali pulih
bahkan bisa tumbuh lebih dari 4%. (sebuah percikan api bisa
menghanguskan sebuah kota jika tidak dilakukan pemadaman selagi masih
kecil kobaran apinya, ini sebuah ilustrasi betapa pentingnya langkah
antisipatif itu).

Pansus Bank Century seharusnya lebih memfokuskan diri pada analisa dan
investigasi kemungkinan terjadinya penyimpangan pada penggunaan dana
bail-out itu tetapi bukan pada kebijakannya.