From: obrolan-bandar@yahoogroups.com [mailto:obrolan-ban...@yahoogroups.com]
On Behalf Of jsx_consultant
Sent: Friday, February 05, 2010 11:31 PM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: Re: [ob] IHSG: Wave C is running to pak OEN

Embah berani tebak anda adalah seorang Economist yg handal...

Karena anda bukan saja bisa membuat analisa tapi anda bisa
membuat suatu kesimpulan JITU yaitu:
- Crisis sekarang lebih besar dari Dubai Crisis.

Embah tidak terlalu mengerti apa yg anda tulis tapi embah
YAKIN: Kesimpulan anda akan terbukti BENAR...

Kita lihat saja hasilnya nanti ...

--- In obrolan-bandar@ <mailto:obrolan-bandar%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, "YUTA" <yuta.tizi...@...> wrote:

> Embah,
>
> Saya melihat magnitude dari sovereign debt crisis ini dan collateral
damagenya akan jauh lebih besar daripada dubai world. Alasannya simple,
dubai case hanya terisolir dengan property sector dan risk-nya hanya
terhadap european bank. Tapi ini adalah cikal bakal, kalau boleh dibilang
salah satu triggernya ke masalah sekarang ini.

> Sovereign bond di guarantee oleh negara, dan kita tahu ada kasus dahulu
negara bisa/hampir bangkrut jika tidak bisa bayar ke debitor, misalkan
argentina di tahun 2001, kalau tidak salah.

> Kita tahu bahwa euro union sangat rentan dengan gap (income, gdp dll),
dimana one failure bisa mengakibatkan domino effect ke euro zone secara
menyeluruh, dan pastinya world wide jika tidak diselesaikan.
> Sovereign default equal to government bancruptcy, bukan corporate nor bank
or even individuals. USD index sendiri, kalau tidak salah 60% weightnya
adalah ke EUR, jadi dengan pelemahan EUR efek kepada USD dan multiple effect
ke saham dan komoditas akan menjadi "black hole" to certain degree.

> Mudah2an hal yang kita khawatirkan yaitu W or L recovery tidak terjadi,
karena terus terang hiccups soal eur zone sovereign default ini tidak
terlalu dianggap serius sebelumnya. Entah sekarang...

> YUTA

Kirim email ke