*ada latihan kesabaran yang baik, coba usahakan trading frekuensi satu kali
dalam satu bulan dan ambil satu saham saja yang jadi favoritenya pa DE, jadi
satu tahun hanya 12 kali trading saja, kalo di bulan februari ini hanya boleh
beli satu kali kapan waktu masuk terbaik apakah minggu pertama, minggu kedua,
minggu ketiga, atau minggu keempat?  dan kalo sudah entry coba tahan sampai
untung 10% untuk exit levelnya, nah siapa yang mau bikin trading plan bulanan,
contoh saja bulan ini beli bumi di 2425 target jugal s/d akhir februari 2675,
kalo pa de apa contohnya? thanks*

Re: My motto for the last 5 years is still...
Posted by: "Dean Earwicker" dean.earwic...@gmail.com   earwicker_dean
Sat Feb 6, 2010 5:54 am (PST)

Saya sharing nih mengenai stock pick ya (may not works to everyone though),
mumpung liburan:

1. *FA is the guide*
Fundamental Analysis (FA) adalah analisa yang menitikberatkan pada
kondisi keuangan emiten, terutama tentang solvability (cashflow) dan
earnings. Perusahaan dengan earning dan growth yang stabil menjadi pilihan
para investor long term dan institusi. Mengacu pada CANSL*I*M dimana I =
institutional investor (follow the leader), maka emiten dengan fundamental
baik selalu ada "sponsor" investor institusi dibelakangnya, sehingga
harganya sampai titik tertentu (sering disebut fair value) akan dijaga. Even
we're a tektokers, lebih safe apabila saham yang kita tektokin
berfundamental bagus DAN ada sponsor institusinya. Setelah kita dapat "list"
saham-saham dengan FA yang baik, kita lanjut ke poin 2...

2. *TA is the light*
Pada Technical Analysis (TA) adalah analisa yang menitikberatkan pada
pergerakan harga (OHLCVFW) alias price action. Banyak metode yang digunakan
pada TA. Candlestick, peakthrough, trend follower, momentum, dst. Disini
pada dasarnya TA mencoba membaca dan meng "antisipasi" pergerakan harga
berdasarkan parameter2 yang digunakan. Dengan TA juga kita menentukan entry
dan exit point. Banyak tools yang dapat membantu kita menentukan kedua hal
ini, hampir semua charting tools dapat membantu kita. Nah, apabila kita
sudah mampu membuat entry dan exit point dengan TA, kita lanjut ke point
3...

3. *BA is the way*
Aduh, kegocek terus! my TA is not working! Ya, hal ini sering dialami
semua yang pernah trading di bursa. Satu hal yang harus diingat bahwa SEMUA
pasar ada bandarnya. Mau pasar komoditi, pasar ikan, pasar beras, pasar
gula, begitu juga pasar saham dan forex. Disini kita harus jeli melihat
kemana uang mengalir, kemana smart money switching portfolio, bagaimana bid,
offer, dan running trade mengecoh pasar. TA yang paling canggih pun akan
mati gaya kalau bandarnya gak suka, betul? Nah, apabila kita mampu membaca
pegerakan bandar di bursa dan mengukur kemana "air" mengalir - *which is
quite difficult, i know* -, maka kita ke point 4...

4. *Patience is the key.*
Apakah kalau ngerti FA, TA, BA trus kita bisa cuan? Belum tentu.
Pengalaman saya, 80% trading adalah permainan emosi dan napsu. Fear and
greed. Disinilah kesabaran diperlukan. Apabila kita sedang ada posisi
(either gain or loss), sangat manusiawi dan normal bahwa penilaian kita
menjadi less objective, apalagi kalau kesiram rumor dan kompor yang kita
tahu sangat dahsyat di OB. Seringkali kita "emosi" kalau harga naik setelah
kita CL, bukan? Akhirnya kita "terjebak" makan atas, dimana bandar dengan
puasnya ngeshort lagi. Berulang kali, sampai modal kita tergerus.
Stress.Trading saham, it's all about psychology and behavior. Sejarah selalu
berulang. Oleh karena itu, bersabarlah. TA, BA, FA will not work if we're
"grasa grusu". Fokus, jangan napsu. Always plan your trade. If you fail to
plan, then you plan to fail.

Terima kasih sudah membaca sharing saya, semoga bermanfaat :)

Regards,
DE

--
Regards,