Saya bisa nebak angka berapa saja dan hasilnya bisa jadi salah atau
bener. Kalau bener tinggal I TOT U, kalau salah tinggal cari-cari 1000
alasan kenapa jadi salah. In the long run, ketika tiap hari nebak
indeks apakah mau naik atau turun (atau range gerakannya), pada satu
titik saya makin yakin bahwa apapun metode yang kita gunakan, tidak
ada cara yang akan secara konsisten menghasilkan tebakan dengan
akurasi tinggi, mengingat banyaknya faktor yang berperan (penutupan
dow di pagi hari, pembukaan market eropa di siang hari, regional
market, berita fundamental dan lain-lain).

Terus terang, saya masih takjub dengan rekan-rekan yang, setelah
sekian tahun berkecimpung di market, dengan yakin masih bisa (berani
?) kasih prediksi indeks akan bergerak di range sekian ke sekian
dengan kecenderungan bullish/bearish. Mungkin karena tuntutan profesi,
maka orang-orang dalam posisi tertentu mesti ngasih jawaban yang
diinginkan pendengar.

Makanya, saya melihat, adalah suatu privilege tersendiri bagi seorang
trader (dibanding analis profesional) untuk tidak perlu memberi
pernyataan-pernyataan atau jawaban-jawaban yang dia sendiri tidak
yakin :D

Rgds

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional