*fed naikin suku bunga tanda-tanda indikasi gejala bahwa perekonomian di usa
membaik, konfirmasinya bisa dilihat dari jobless claim yang turun, penjualan
rumah yang mengalami kenaikan, dan reboundnya usdollar index*

Re: FED naikan suku bunga....after market close
Posted by:      "Eka Suwandana" esuwan...@gmail.com    esuwandan
Thu Feb 18, 2010 5:00 pm        (PST)

The FED naikan suku bunga DOW future merah!!! Tapi nggak masalah, dahulu
sebelum tahun 2008 saya selalu ikut suku bunga, buku2 classic saham juga
bilang suku bunga the most important factor. Tapi rally tahun 2003-2007
terjadi setelah kenaikan the Fed dari 1% ke 4.25%, malah setelah turun
market ikut turun, karena terlalu lama di level 4.25% Inget posting2 jaman
dulu saya selalu bilangbullish kalo the fed rate turun ternyata in general
tidak!

Awal tahun 2008 saya dikasih tahu Pak Arief, yang suka postig di milis OB,
malah sempat telpon saya ketika DOW break down 12000 taun 2008 kisaran maret
april kalo nggak salah, beliau bilang saya bearish pak super bearish, saya
timpali saya masih bullish pak soalnya the fed turun terus, lalu pak Arief
bilang, "Bapak salah lihat indikator harusnya yang bapak lihat Initial
Jobless Claim dan Unemployement trendnya naik", terus pernah ada yang
ngomong orang OB juga via SMS saya lupa siapa , "pak Yuan China itu di peg
ke USD, jadi bisa saja America sakit USD turun ekonomi nggak sehat karena
Yuan ikut turun, jadi walaupun Amerika sakit ekonominya nilai harga
komoditas masih tetap tinggi, dan ekonomi dunia masih bisa melaju tanpa
Amerika". Dia lanjutkan, waktu itu masih awal 2008, DOW masih 11000-12000,
saya yakin ekonomi Amerika sudah sakit keras, tapi komoditas tinggi karena
The fed gunting suku bunga, Yuan ikut murah, barang China makin laku, jadi
market USA bakal turun tapi dunia nggak!"

Boom bulan september 2008-awal 2009, Market crash, saya SMS balik "tuh
komoditas turun, lihat cpo, nickel dibawah harga produksi? Semua crash
gimana nih?" Dia jawab "ini anomali  nggak berlangsung lama, komoditas akan
membaik karena China tidak terlalu parah sebetulnya! Tidak ada tanda2
pelemahan". Betul ternyata yang awal2 pulih emerging market, dan yang paling
lambat pulih NYSE, DOW, S&P500. Tapi dia SMS saya bahwa dia justru koleksi
saham tech macam MSFT, AAPL, INTC karena market share sudah 60% di Asia. Dan
ingat2 kata pak Arief, saya semenjak Januari 2009 selalu pantau 'Initial
Jobless Claim dan Unemployment' number, ternyata benar ketika trend Initial
Jobless turun walau sangat perlahan dari peak PHK 680rb orang/minggu bulan
maret 2009 hingga balik ke 450rb/minggu DOW JONES rally dari level 7000 ke
10000.

Kesimpulan, The fed bisa naik bisa turun nggak selalu pasar Amerika
terpengaruh, karena sebagian Industrinya pasarnya bukan AMERIKA tapi China
dan Asia. Yang beli Microsoft, Dell PC, Iphone, pesawat Boeing orang2 China,
yang penting pengangguran jangan terus naik tapi harus trend menurun, karena
saham adalah gerakan antisipatif. Kalo bandar ngerasa keadaan membaik saham
bakal diborong, terbukti dari earning q2-q3 2009 yang jauh membaik dari
tahun 2008. Please Watch Jobless number.

Kirim email ke