--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Aprilageng Sarwoadhi
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]

> siklus 3 diatas terjadi setelah posisi siklus 2) -
> untuk memudahkan penulisan, seterusnya smart capital
> money saya singkat sbg SCM
> 2. Merujuk ke situasi market sekarang, berarti menurut
> pengamatan Mbah, market sekarang menuju posisi siklus
> 5, dimana SCM ditakutkan akan/sedang keluar.
>
> Yang saya mau tanyakan:
> 1. Apakah publik selalu mengikuti SCM? Secara historis
> (di JSEX), apakah ada momen2 dimana SCM yang malah
> mengikuti publik? (jadi mungkin urut2an siklusnya -
> bearish, publik masuk, SCM masuk, bullish, profit

Publik pada umumnya tidak bisa melihat SCM, publik hanya
bisa melihat hasil SCM (harga bergerak naik), dan publik hanya
mengikuti gerakan harga, jadi pake analisa teknikal...

> 2. Apakah mungkin, atau pernah terjadi (sekali lagi
> secara historis JSEX) situasi dimana SCM buang barang,
> tapi publik mampu absorp, sehingga karena ada strong
> support dari publik,

Ini sering terjadi, dan pada saat SCM selesai buang barang,
harga akan naik karena tekanan jual hilang.

> [...]
> 3. Bagaimana kita bisa yakin bahwa SCM sedang keluar?
> Saya belum pernah menganalisa inflow-outflow, tapi
> intuisi saya, sumber data utama yang digunakan untuk
> inflow-outflow analysis adalah data2 historis
> transaksi dan holding broker...jadi mungkin kita bisa
> lihat dari data transaksi dan posisi holding broker
> saat ini sebagai indikator outflow para SCM, tapi
> bagaimana kita yakin bahwa yang membeli itu bukan SCM
> juga? Bisa jadi yang beli itu serigala berbulu domba?
> (SCM nyuruh broker lain untuk beli?) Atau mungkin yang
> kita anggap publik yang beli, ternyata SCM baru lain

Memang ini susah dan MAKIN LAMA makin susah karena SCM
makin pintar mengatur transaksinya agar tidak terlihat
oleh yg lain...

Jika anda menemukan suatu metoda perhitungan dan dipublikasikan,
maka dengan segera CARA MAIN SCM diubah. Jadi analisa capital
flow harus TERUS MENERUS dicalibrasi/ditune dengan GERAKAN HARGA.
JIka hasilnya melenceng, berarti cara maen SCM sudah berubah.

> Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search
> that gives answers, not web links.
> http://mobile.yahoo.com/mobileweb/onesearch?refer=1ONXIC

Kirim email ke