Kalau donasi seperti yg ke mbah wkt itu, ngga masalah krn mbah tdk pernah minta
bayaran. Dan donasinyapun   bukan untuk pick tapi untuk anggota milis merasa
berterima kasih saja akan keberadaan milis OB.

Kalau Pak DE ingin aman idxbot nya, tambahin saja disclaimer yg isinya seperti
berikut:

 idxbot tidak pernah merekomendasikan beli atau jual saham. Rekomendasi yg
dihasilkan hanya untuk hiburan saja bukan untuk pengambilan keputusan
investasi. Anda sebaiknya melakukan konsultasi kepada penasehat investasi
profesional untuk keputusan investasi.

Dengan ditambahkan seperti itu, maka idxbot bisa minta bayaran tanpa terkait
kasus memberikan nasehat investasi krn memang sudah menyebutkan bahwa tidak
melakukan hal tersebut.

Ini hanya salah satu cara saja. Tetap konsultasikan ya ke pihak terkait untuk
lebih jelasnya (nah, kalimat saya terakhir juga salah satu teknik utk
menghindar dr tanggung jawab dalam memberikan nasehat hukum krn ternyata yg
saya informasikan salah krn saya sdh menganjurkan agara Pak DE dan pe$baca lain
tetap konsultasikan kepada pihak yg memahami).

IAN

Sent from my BlackBerry®