Mbah, mungkin kita punya pengertian akumulasi yg berbeda nih :)

Bagi saya, pengertian akumulasi itu nampungin di harga murah pada saat
harga sudah dirasa undervalued oleh smart money tapi publik mau jualan
atau dipaksa jualan. Salah satu indikasinya adalah harga bergerak
dalam range tertentu dalam kurun waktu yg cukup lama (berbulan2) dan
biasanya tidak ada ledakan volume.

Dalam contoh kasus BUMI ini, sudah berjalan hampir 6 bulan. Inilah yg
saya maksudkan BD (smart money), sudah cukup banyak ngumpulin barang.
Tapi apakah sudah cukup puas, hanya BD yg tahu, saya hanya bisa ngira2
saja :)

Saya buatkan saja chart nya supaya lebih jelas. Dua fase sebelumnya yg
ada di gambar, saya ngga perlu sebutin itu fase apa, saya yakin OBers
sudah banyak yg tahu :)

IAN