--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "jsx-consultant" <jsx-consult...@...>
wrote:

> Teori Big Bang, Teori Darwin termasuk teori atom bersifat Spekulatif.
>
> Contoh spelulatif pada teori atom:
> - Orang mengeluarkan teori bahwa air terdiri dari molekul H2O yg terdiri
>   dari atom H dan O. Pada saat itu atom dikatakan bagian terkecil dari
>   elemen Hidrogen atau Oksigen.
> - Tapi kemudian ternyata atom bukanlah bagian yg terkecil karena
>   atom terdiri dari proton positif dan elektron negatif yg membelok
>   saat melewati medan magnetis.
> - Dan ternyata spekulasi tsb masih berubah lagi dengan ditemukan
> [...]

Dlm metodologi ilmu untuk menjadikan sebuah/bbrp asumsi,hipotesis,postulat
dst...harus menjalani "proses metodologis" sehingga layak dikatakan sbg sebuah
ILMU (baca SCIENCE).
Ini konteks-nya utk membedakan antara science dg ART.

Tapi yg ingin saya tekankan, proses metodologis yg dibutuhkan di atas,
syaratnya CUMAN harus bisa melewati salah satu dari 2 ujian ini;

1. Mencari penguat/pembenaran atas asumsi, hipotesis dst...tsb, terus dilakukan
seiring dg waktu...
Tdk perlu penjelasan, mestinya mudah dipahami.
2. Atau yg frontal, lulus melalui suatu penyangkalan yg bisa mematahkan asumsi2
yg telah "disepakati" selama ini. Terkenal dg nama proses FALSIFIKASI…
Sehingga akan menimbulkan suatu kesepakatan baru...
Untuk yg ini org sering diingatkan kembali bagaimana pertentangan antara
heliosentris dg geosentris...

Ini adlh komentar "ilmiah" saya.
Karena tdk ada kaitan langsung dg saham; sy tdk tertarik utk
memperpanjang-nya...

Kirim email ke