Bunga untuk short biasanya lebih besar 1,5-2 kali dibandingkan bunga margin
biasa (margin biasa sekitar 20%an setahun). Jadi kalau diliat misal bandar
buang barang di 4600, dan taroh lah disuspend 2 minggu dan dia ambil lagi di
2950, maka dia untung per lot (belom dikurangi bunga) adalah 1650. Kalau dia
minjem 2 minggu maka bunganya = 4600*(14/365)*0.4 <== taroh lah 40% bunga
margin per tahun = 70.57 (artinya setiap lembar yang dia beli dia kena bunga
70 perak). CMIIW

Mau ditutup sampe sebulan juga (which is kayaknya ga mungkin) bandar cuma
rugi bunga 140-150 perak tapi sudah untung 1650. Ga bakalan nangis darah si
BD, yang ada malah trader/investor yang main pake margin dan ga sempet
keluar. Bahkan yang ga maen pake margin pun bisa dibilang nangis darah
gara-gara udah rugi, tapi ga bisa keluar, padahal hari ini banyak peluang
bagus bener.

BD jangan dilawan, tapi ikuti trend-nya.