From: jsx-consultant <jsx-consult...@centrin.net.id>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Sun, April 4, 2010 9:05:25 AM
Subject: Accounting for Investor....RE: [ob] UNSP: Final Result 2009, 'CANGGIH'
euy...

Persepsi Investor terhadap akuntansi berbeda dengan
persepsi akuntan terhadap akuntansi...

Akuntansi mempunyai 2 tujuan yaitu:
- Fungsi Control dan
- Fungsi Reporting

Pada fungsi Reporting, laporan disajikan dalam jutaan
rupiah sedangkan untuk Control,
selisih 1 perak saja musti dicari, karena 1 perak
itu BISA menunjukan suatu kesalahan
yang BESAR.

Angka angka yang disajikan dalam laporan keuangan TIDAK
selalu menggambarkan
keadaan yg sebenarnya TAPI menggambarkan metoda yg
dipakai, misal metoda
persediaan LIFO, metoda penghapusan
DIPERCEPAT, Currency laporan keuangan
yg dipakai dll. Metoda2 ini akan
menghasilkan angka2 yg berbeda pada laporan
keuangan.

Dari sudut pandang Investor, metoda2 yg dipakai ini
tidak menimbulkan masalah
karena Investor lebih menekankan
pada:
- Real Cash Flow yg tidak terpengaruh oleh metoda2
pembukuan tsb
- Consistensi penerapan Metoda tsb, jadi metoda apapun
yg dipakai, yang
  PENTING adalah CONSISTEN.
- Investor lebih menekankan pada angka angka yg
menunjukan GROWTH karena
  GROWTH adalah kata kunci untuk kenaikan harga
saham.

Nah angka GROWTH inilah yang menjadi CENTRE REKAYASA
jika laporan
keuangan mau dipermainkan:
- laporan keuangan bentuknya dirubah, agar investor
susah menghitung angka
  growthnya.
- Currency atau metoda pembukuan dirubah, sehingga
angka Growth dari tahun
  ketahun jadi membingungkan/ sudah
dihitungnya.
- Mengatur waktu pencatatan pendapatan dan pembebanan
biaya sehingga
  terjadi DETERIORASI pada laporan
keuangan.

Untuk melihat apakah emiten IKUT BERMAIN dipasar modal,
deteriorasi
laporan keuangan dari kwartal ke kwartal SUDAH bisa
menunjukan apakah
emiten ikut bermain...

Contoh:
- Keuntungan kwartal 1 dikecilkan karena pencatatan
pendapatan dipindahkan
  pada kwartal 2. Pada saat yg sama mereka
posisinya Jual.
- Pada kwartal 2, mereka beli balik sahamnya karena
mereka tahu saat lap
  keuangan kwartal ke 2 diumumkan hasilnya akan
melonjak dibanding
  kwartal satu yang angkanya
disunat.

Seorang investor sebaiknya menghindarkan saham
saham yang BEGINI, Investor
sebaiknya mencari emiten yg managementnya bisa
dipercaya, jujur dan
membela investor public, konsentrasi pada bisnis
agar keuntungan perusahaan
bisa maksimal dan bukan management yg ikut goreng
menggoreng sahamnya
dibursa. Management seharusnya bekerja sebaik mungkin
untuk Investor karena
Investorlah pemilik perusahaan.

Note:
- Sekarang makin banyak emiten yg ngoprek ngoprek
laporan keuangannnya,
  termasuk emiten yg dulunya jujur. Tapi ini masih
bisa dimaklumi karena
  kita kemarin mengalami krisis yg cukup besar,
asal jangan ikut goreng
  menggoreng. Kalo emiten mengangkat harga saham
untuk kepentingan
  investor melalui Buyback itu bagus asal jangan
dipaksakan atau buat
  bikin senangpemilik agar bonus tahunan
direksi ditambah.