Nah itu baru cerdas. Gak seperti MEDC

On Apr 6, 2010, at 7:29 AM, "datasahamku" <datasaha...@yahoo.com> wrote:

kang Timur sepertinya orang minyak nih soalnya tahu banget istilah2
klo dilihat dr slide #21, cadangan di Sumsel malah lebih gede yakni 917,
padahal si BHIT juga mau akuisisi blok migas di Sumsel yang ready berproduksi
artinya bakal cepat dapat dollar drpada blok Papua

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, TimurLangit <i4...@...> wrote:

> Waduh Kang, saya cuma tukang minyak keliling.
>
> Memang yg saya dengar cekungan (tempat minyak terbentuk dan terakumulasi
didalam lapisan bumi) di Papua belum tereksplorasi semua. cuma kalau 1 milliar
barrels mungkin agak berlebihan. Link di bawah ke slide presentasinya Menteri
ESDM, di slide#21 terlihat jumlah cadangan tercatat untuk daerah lepas pantai
Papua. Disitu tertulis 121.1 MMSTB. Kalau STB atau stock tank barrel adalah
jumlah oil yg bisa diproduksi. Sementara MM adalah singkatan untuk JUTA. Tanpa
EOR, minyak yg bisa diproduksi biasanya pakai angka 20% (Recovery factor) dari
total minyak yg terdapat dibawah permukaan. Jadi ada sekitar 600MMBO (enam ratus
juta barrel oil) yang sudah dibuktikan ada di bawah permukaan. Kalau ada yg
klaim menemukan lebih besar dari yg pernah ditemukan. Tentulah ruar biasa.

> kalau melihat bahwa survey seismik 2D baru akan dilakukan bersamaan dengan
pemboran sumur eksplorasi, sepertinya angka 1milliar barrels itu datangnya dari
studi basin evaluation yang saya yakini harusnya paling kurang sama dengan yang
diprediksi oleh kementerian ESDM. Jika angka 1milliar barrels itu datangnya dari
basin evaluation, wah jika meleset maka melesetnya bisa jauh. bisa jauh lebih
besar, bisa juga jauh lebih kecil.
> http://www.slideshare.net/dhimasln/upea-dr-menteri-esdm
>

> Timur

Kirim email ke