From: "Budi Hariyanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [saham] Kisah Investor Terjegal Agis
Date: Fri, 06 Jul 2007 07:40:48 +0700

Kamis, 05/07/2007 17:44 WIB
http://www.detikfinance.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/05/time/174415/idnews/801737/idkanal/6
Kisah Investor Terjegal Agis
Ardian Wibisono - detikfinance

Jakarta - Kisruh saham PT Agis Tbk (TMPI) menyisakan kepahitan buat
investor yang harus menanggung rugi alias buntung. Miliaran dana investasi
langsung menguap dalam sekejap.

Saham Agis yang pada tiga bulan lalu masih tiarap, langsung menjadi idola
investor dalam dua bulan terakhir. Penyebabnya karena perusahaan
elektronik ini akan melakukan sejumlah aksi korporasi seperti akuisisi.

Tidak heran kalau investor ngiler melihat prospek saham ini, yang oleh
beberapa kalangan pernah ditargetkan bakal mencapai Rp 7.000 per saham.

Sayang seribu sayang kenaikan saham yang begitu cepat menimbulkan
pergerakan harga yang tidak wajar. Terbukti transaksi saham ini sempat
mengalami gagal bayar hingga ratusan miliar rupiah.

Beberapa investor masih bisa menyelamatkan diri, sebagian terpaksa
melakukan cut loss. Namun sebagian lagi terpaksa gigit jari karena belum
jelas investasinya di saham ini, terkait suspensi yang dilakukan Bursa
Efek Jakarta (BEJ) sejak 28 Juni 2007.

Salah satu investor yang masih bisa menyelamatkan dananya adalah Ferry
Latuhihin. Pengamat pasar saham ini mengaku buru-buru menjual saham Agis
meski harus rugi Rp 475 juta. Ferry mengaku masih beruntung karena
investor lain harus menanggung rugi hingga miliaran rupiah.

"Saya cut loss Rp 475 juta. Genk saya Rp 4,9 miliar. Saya makan di Rp
4.600 dan jual di Rp 3.200," kata Ferry ketika menjadi pembicara di
seminar 'Solusi Online Trading Bagi Investor untuk Mencapai Keuntungan
Optimal', di Gedung Annex Building Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin,
Jakarta, Kamis (5/7/2007).

Menurut Ferry, ketika harga saham Agis sudah turun Rp 4.200 dirinya
mencoba menjual saham di harga Rp 3.800, tapi tidak keburu.

"Jatuhnya dapat menjual di Rp 3.200. Tapi saya cuma cut loss segitu dari
pada cut loss sampai Rp 3 miliar, kalau saya tidak menjual saat itu juga,"
katanya.

Kasus Agis ini diakui Ferry, telah memberikan efek psikologis yang sangat
dalam terhadap emiten perusahaan elektronik tersebut. Emiten itu
diperkirakan bakal sulit memulihkan kepercayaan dari investor meski tetap
akan melakukan sejumlah aksi korporasi.

"Dalam pasar saham itu normal terjadi high gain high risk. Cuma yang perlu
dilihat fundamentalnya, ada nggak alasan saham itu naik tinggi. Kalau ada
alasan jelas sudah pastinya bisa untung," tutur Ferry.

Menanggapi pertanyaan peserta seminar, kemungkinan adanya sejumlah saham
yang akan mengalami nasib seperti Agis, Ferry melihat itu bisa saja

"Ada 3-5 saham yang seperti Agis, cuma tidak etis bicara di forum,"
katanya sambil mengingatkan investor. (ir/qom)

+ +
+ + + + +
kecuali memang diperlukan.
+ + + + +