Ikutan sharing nih.

Tahun lalu aku  beli CPRO pada saat listing perdana di harga 180 (IPO 110,
AR di 185) hari berikutnya masih naik sampai di 225. Aku tahan beberapa
hari, akhirny aku jual di 210 karena harga dah mulai turun, sampai ke 190an
waktu itu.

Selanjutnya, aku ikut beli FREN di listing perdana, di harga 320, IPO 225
(?), dan selanjutnya Cut Loss di 285, setelah itu FREN sempet turun samapi
265 lama berkutat di 265-290 terus. Tiga minggu lalu beli FREN di 290,
jumlah lebih banyak dari waktu listing perdana, barusan minggu lalu kujual
di 315. Lumayan buat nutup kerugian Saat listing perdana.

Dua bulan lalu ikut beli listing perdana WEHA, di 410 (IPO 245, AR di 415),
aku tahan 2 minggu, akhirnya kulepas di 600 karena harga mulai turun terus
(saking kemaruk nunggu sampai 700 yang gak kesampaian, tertinggi di 670,
malah akhirnya turun terus, he..he..he..) .

Kemarin dulu beli MCOR listing perdana di 230 (IPO 200, gak ada AR atas,
padahal lead underwriternya dengan WEHA sama lho, CMIIW..) sekarang harga
nangkring di 190-195. masih "berharap" dia balik ke atas. (bisa nggak ya.?)

Minggu kemarin aku  beli PKPK listing perdana di 620 (IPO 400, AR atas
hattrick berturut-turut, rekor MURI tuh, gak nyampe seminggu, dah naik
sampai 1300 (harga tertinggi 1430) dan kujual semua. (sayangnya karena
trauma di MCOR, gak berani ngambil banyak.he..he..he...tatut, eh takut
diliat Bandar PKPK, maklum penumpang gelap)

Hari kemarin aku order LCGP (IPO 125, AR di 212) di sesi kedua bid di 175,
dapat ya syukur, gak dapat ya sudah gpp. eh gak tahunya dapat.. wah sial
bener, soalnya saat2 terakhir sesi 2 diguyur di 160.

Hari ini aku coba order lagi, ngebid LCGP di 146, dengan harapan harga gak
akan dapat turun ke situ (cuma iseng..), eh gak tahunya dikasih lagi.
diclose di 142.

Memang susah mempridiksi harga pada saat listing perdana.. untung2an .

PS: Aku gak beli saham listing perdana MNCN dan SGRO karena pengalaman di
FREN, harga diangkat setinggi mungkin untuk kemudian dibanting.

Pedoman sederhana yang aku terapkan untuk membeli saham IPO waktu itu adalah
know the lead underwriternya, setelah pasar dibuka liat broker yang paling
banyak jual/beli. Kalau yang beli lead underwriternya, berarti saham
berpeluang naik, tapi kalau lead underwriternya obral, wah berabe tuh.Kayak
kasusnya LCGP dan MCOR..

Prediksi aku untuk IPO 2/listing perdana BBNI bulan depan: harga gak akan
naik banyak, 10% juga dah bagus., kecuali harga BBNI di "adjust" ke 3100
atau Harga IPO dibuat yang paling rendah (mungkin gak ya.?)

Salam,

Bambang

.

  _____