Kalau yang dari Indosat ada 2.

Untuk yang dari Matrix, harus punya kartu matrix untuk dimasukin ke PCMCIA
modem card atau USB modem sebelum dicolok ke notebook.
Untuk yang langsung dari Indosat M2, tidak perlu kartu GSM, nanti
dikasi kartu khusus untuk dimasukin ke PCMCIA modem card atau USB modem
sebelum dicolok ke notebook.
Untuk kcepatan, cepet bgt pake 3G indosat (katanya sampe 3.6Mbps, tp di
komputer saya ke-detect maksimal 1.8MBps). Ngalahin internet koneksi kantor
saya malahan (yang tadinya saya rasa sudah cukup cepat).

Harga per bulan untuk 3G dari Matrix malah lebih murah dari yang indosat m2.
Saya lupa persisnya, tapi dimahalin untuk pembelian modem card-nya (lebih
murah yang indosat m2 dibanding matrix).

Kalau pake XL, ada yang bilang kurang bagus dari sisi kecepatan.

Ada juga dari telkomsel untuk 3G, yaitu Telkomflash, dengan hitungan tarif
per menit (seperti speedy). Tp aku gak tau berapa tarifnya. cuma aku gak tau
pengalaman ada yang menggunakan telkomflash. Mungkin di sini ada yang bisa
sharing juga.