Hm... koreksi lagi juga deh :-)

On 8/23/07, kang_ocoy_maen_saham <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  tapi di H1 2000 it did reach above 6,5% pak (di grafik yg saya
>  referensikan posisinya di antara skala 6-8 so i tought that its around
>  7% at the time, nah tepat pada saat dia peak di titik itu, interest
>  rate saat itu juga tinggi di atas 6%, lalu kemudian grafik gdp growth
>  menukik tajam karena fed fund rate juga diturunkan secara drastis
>  hingga jadi dibawah2% di awal 2002...

Hubungan sebab akibatnya salah nih. Yang benar bukan GDP Growth
menukik tajam gara-gara fed fund rate diturunin. Tapi fed fund rate
diturunin gara-gara GDP Growth menukik turun tajam. Ini disebabkan
gara-gara bubble di Nasdaq yang berakibat pada berimbasnya sektor
lainnya juga (yang bottoming di 2003an). Ketika pertumbuhan sangat
tinggi ==> inflasi tinggi. Untuk mengerem inflasi, maka ada pengetatan
fiskal yaitu (salah satunya) dengan penaikan tingkat suku bunga.

> [...]
>  secara bersamaan hingga di tahun 2002 ketika fed rate turun dibawah 2%
>  namun GDP tumbuh dari 2,5% jadi keatas. i might fall into falacies
>  here, dan saya jg ga ngerti ekonomi coz spesifiknya saya di finance
>  bukan eko, entah apa GDP melambat menyebabkan fed rate diturunkan atau
>  fed rate diturunkan yg menyebabkan pertumbuhan turun, namun kalo saya
>  gak salah di ekonomi modern dimana rezim inflasi itu jadi tanggung
>  jawab bank sentral maka (teorinya) perlambatan atau percepatan ekonomi
>  itu didesain juga oleh mereka berdasarkan salah satunya tingkat suku

Ya wajar kalau interest rate rendah pertumbuhan GDP jadi naik.
Logikanya ketika bunga pinjaman rendah, banyak perusahaan akan
melakukan pinjaman untuk ekspansi bisnis mereka. Ekspansi bisnis ==>
GDP meningkat.

Saya juga orang finance, ga ada ruginya belajar makro ekonomi.
Ignorance is NOT bliss :-)

--
Oskar Syahbana
http://permagnus.com/ -- A Financial site with a human touch