On 10/2/07, kang_ocoy_maen_saham <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pemula mo lebihin profesional dengan resiko yg so-so aja??

Sebelumnya Terima kasih banyak atas responnya Kang Ocoy. Begitu juga
dengan teman2 yang laen yang respon.

Mau banget dong.... jadi profesional dengan resiko yang minimal.
Ajarin dan minta asistensinya ya, kang Ocoy.

> gampang..
>
> "sedikit"nya bapak tuh brp??
>
> kalo seandainya "sedikitnya" itu 100 juta-an minimal...

100jt, ada.
Tapi istri pengennya coba 10 dulu aja. Nurut Kang ocoy gimana?

> Indexing(pasif investing) aja, 80 juta bapa copy Portfolio LQ45
> including bobot-bobotnya..

Duh dalam bahasa Indonesia, artinya apa aja nih?
Saya cuma bisa nebak.
Passive investing: investasi yang gak terlalu beresiko? Ternagin dong.
Indexing: lieur abis. Tolong dijelasin dong
Copy Portfolio LQ45, plus bobot-bobotnya: wah sama deh teu ngarti Kang Ocoy.

Saya udah bilang lho ya hehehe. Saya orang engineering, bukan ekonom
ataupun dari keuangan. Buta abis soal ginian.

Kalau indexing kayak di atas kira2 bisa kasih return berapa? Hehehe,
maklum lah. Biar cepet kaya :).

> nah si sisa 20 juta buat maen2 adrenalin deh tuh bapa trading-in by
> fundamental-teknikal...

fundamental-teknikal dengan Manajer Investasi, bedanya apa?

> ato kalo mo lebih simpel lagi, si 80 juta beliin ETF yg ntar bakal
> muncul ato cari reksadana yg kebijakannya index-enhance dengan
> tracking error yg ga gitu gede dan maintain beta paling pol 1.15
> (Schroeder, Fortis Pesona)...

ETF itu apa kang Ocoy?
Bisa beli di mana ETF? Apa bisa beli online? (saya lagi di LN soalnya)

Saya tau kalau Schroeder dan Fortis Pesona itu perusahaan yang
bergerak di reksadana. Apakah berarti keduanya punya kebijakan
index-enhance yang punya tracking error kecil, dan yang maintain bet
gak lebih dari 1.15?
Apa bisa beli reksadana di mereka secara online?

Bagaimana dengan danamas.com dan danareksa.com? Apa mereka juga ok?

> nah Insya Allah kalo bapa pertama2 praktekkin dulu nih pasif-invest
> yah minimal sambil belajar return bapak ga jauh2 dari indeks deh,
> dengan asumsi ya kalo indeks bagus bapa juga senang dan kalo turun ya
> turunnya sebanding ajah sama indeks... sambil belajar2 performance
> bapak udah bisa lumayan..

Kalau passive index dengan modal 80jt - 20jt seperti di atas, kira2
ngasih return berapa?
Kalau index lagi turun, apa saya bisa rugi?

> nah entar makin lama udah makin yahud stock pickingnya bobot 80%
> indexing - 20% trading/stock picking nya bisa dimodif jadi makin kecil
> indexingnya...

Wow. Maksudnya nanti kalau saya udah jadi spekulan tulen ya? Cihuy...

> bener loh pak, jangan remehin indexing, setahun ini aja MI yg bisa
> outperform IHSG masih dalam hitungan jari tangan...

Ok, kasih petunjuk lebih rinci dong. Biar saya cepet2 indexing
(=passive investing, right?)

> sukses pak...
>
> nah kunci timing masuk indexingnya ya tinggal perhatiin en simak aja
> dah informasi2 dr pakar2 teknikal dan level indeks di milis ini..

Bisa sebutin, siapa aja pakar2 teknikal di sini yang gak pernah meleset? hehehe
Dan siapa2 aja pakar2 level indeks yang gak pernah meleset di milis ini?
Adakah milis lain yang Kang Ocoy rekomendasikan untuk saya ikuti
sebagai pemula dalam hal investasi (tapi yang rame juga kayak miis ini
ya)?

> dan kalopun timing salah ato kecepetan jadi nilai portfolio bapak di awal2
> turun, nah asalkan bapa indexingnya bagus dan ga terlalu gede tracking
> errornya, bapa tinggal perpanjang horizon investasi sambil nungguin
> indeks pulih (dan IHSG itu memorinya cepet alias cepet balik cepet
> jungkir balik jg)..

Ok, kalau ini saya ngerti mungkin. Maksudnya tunggu sampai index
membaik, baru jual ya?

> ya gitu deh pak, semoga mantap investasinya, cihuiiiii...

Thanks. Saya tunggu asistensi yang lebih detail ya kang Ocoy.

Salam

Kirim email ke