dear pak BuSur, Eyang Ratman, om DE dan bung Aria ,

saya newbie nich, mau konsultasi sekaligus butuh bimbingan.

Saya dalam trading tidak menerapkan CL - MM dgn benar (dalam artian tidak 2% ,
5% atau 8 %).
saya trading berdasarkan FA (feeling analisis) saja.

sehingga ada kalanya musim Untung.... ada kalanya musim Buntung...
disaat musim Untung, melakukan trader secara gila-gilaan (bisa 3-4x margin)
di saat musim Buntung pun bisa CL antara 10 -30% / transaksi

Saya terjun langsung di Bursa saham baru 6 bulan, sebelumnya hanya berkecimpung
di reksadana saham.

(karena di reksadana sudah dapat profit 40% / tahun, sifat tamak saya keluar
...yaitu ingin mendapatkan lebih dari 40%)

Nah untuk kasus saya sbb :

Saya perhatikan BRPT pada hari pertama di angkat dari 2500 ke 3100 (saya hanya
wait n see),
pada hari kedua ketika BRPT di buka di angka 3300 saya langsung telp broker
tapi karena jam sibuk akhirnya saya hanya kebagian di harga 3550... (harga
tertinggi hari itu 3600)...dengan harapan akan dijual di harga 3800...  namun
kenyataannya selama sesi berlangsung harga hanya bergerak di kisaran 3500 -
3575.
Mendekati 30 menit menjelang penutupan sesi II, harga terjun bebas menuju 3100
hanya dalam hitungan detik (bukan menit apalagi jam).
Saya tetapkan BRPT saya simpan dengan harapan besok akan naik kembali ke 3500.
(karena saat itu rumor tentang BRPT mau akuisisi Chandra Asri sangat santer,
dan kenyataannya memang jadi akuisisi)

Ternyata esok harinya harga bukannya naik tapi cenderung turun (harga tertinggi
di 3100)..dan di tutup di harga 2800.
Karena sudah terlanjur "kecebur" akhirnya saya tetapkan untuk dibiarkan saya
dalam beberapa hari disimpan dgn harapan akan ada "sesi kagetan" lagi...

ternyata sudah hampir 3 minggu harganya cenderung turun terus (saat ini
2550).... Padahal berita yg berkembang bagus-bagus alias RUPS setuju utk
Akuisisi Chandra Asri dan beralih dari bisnis perkayuan menjadi bisinis
petrokimia , batubara , perkebunan dan perumahan. Serta Prajogo Pangestu akan
"comeback" menguasai BRPT.
Alih-alih yg saya dengar BRPT akan Right Isue 3:5 di harga 2100.

Ketika IHSG dalam seminggu terakhir Super Bullish, saya hanya gigit jari...
(mau CL tapi terlalu dalam...tapi kalau nungguin ke harga asal 3500..entah
berapa bulan lagi...), padahal saya ingin sekali ikut euforia Super Bullish
Namun sudah terlanjur nyangkut di 1 saham.

Yg ingin saya tanyakan sekaligus konsultasikan :

** Mana yg lebih baik :......... ??

1. Saya CL di harga 2550 (bila harganya besok masih disitu...syukur-syukur
naik) lalu saya Switch ke MEDC (dgn harapan naik ke 7000 seiring dgn harga
minyak yg diatas 80 USD)

2. Atau saya switch ke ANTM dgn potensi kenaikan ("katanya" ke 3600)

3. Atau saya switch ke BLTA dgn potensi kenaikan  ("katanya" ke 2700)

4. Saya diamkan saja sambil menunggu Right Isue di 2100 dan beli lagi. (average)

5. Saya tutup buku dulu hingga dapat menarik napas kembali..?

Target saya sich ngak muluk-muluk... meminimalizer kerugian menjadi 2% - 5%
"saja".

Karena kalau saya hitung dan saya CL sekarang maka saya akan rugi/loss sebesar
30%.

sebagai info tambahan : saya memiliki BRPT cuma 20 Lot..... ngak banyak sich
bagi yg udah prof...tapi buat saya yg newbie, rasanya kebanyakan dech....

Mohon petunjuk dan wangsit dari senior - senior disini yach....

salam BRPT,

Don