Pak,

Kalo anda memposting ini di milis tetangga, kemungkinan besar banyak yang
akan mereply.
Untuk mempelajari candlestick, saya pribadi sih juga dimulai dengan membaca
buku tsb, dan juga baca-baca artikel di Internet.
Intinya tidak usah menghapal, tapi logic dari candlenya tsb. Misal, kalau
candlenya white body, artinya antusiasme pasar terhadap emiten tsb tinggi.
Bull menang melawan Baer, dan begitu juga sebaliknya. Kalau ada doji,
mungkin akan ada reversal, tinggal dilihat trend sebelumnya naik atau turun.

Itu aja sih ... sisanya nanti anda pasti akan terbiasa sendiri. It takes
time, but that's how we all doing it right ?

Cheersm
FH