kalo tanggal persisnya sih siapa yang tahu. ada banyak
faktor.

tapi intuisi bahwa akan ada "sesuatu" ini yang saya
appreciate. ini merupakan hasil dari pengamatan dan
pengolahan (analisa) dari keadaan yang terjadi di
sekitar, bursa pada khususnya. tidak semua orang mampu
melakukan hal ini. banyak orang yang hanya ikut-ikutn
saja saja tanpa menganalisa apa yang sedang terjadi
(saya punya kenalan yang kalo cerita kesana kemari
akan berinvestasi jangka panjang, tapi begitu
portfolionya naik 1 poin, langsung take profit, lha
mana untung? fee-nya aja berapa). akibatnya, jeblok
lah portfolionya. sedikit-sedikit panik.

hal yang membuat saya senang dengan milis ini adalah
banyaknya ahli yang menganalisa dari perilaku market,
bukan hanya dari technical saja (saya paling o'on kalo
disuruh baca technical, dari dulu ga ngerti2).
technical bisa direkayasa, berita biasanya keluar jika
sudah terjadi (berarti waktunya sudah terlambat untuk
mengambil posisi). apalagi yang bisa dijadikan
pegangan? buat saya yang penting 1. fundamental
perusahaan bagus, 2. psikologi market (mis: dj naik,
yg lain ikut naik), dan 3. psikologi manusianya itu
sendiri (banyak pelaku pasar diuji pada waktu harga
naik/turun tajam, biasanya kalo engga jadi kemaruk, ya
ketakutan/panik). saya berpegang pada 3 prinsip itu
saja, karena hanya itu yang saya mampu :))))).

embah, mohon maaf kalo kurang relevan ya.
sekedar sharing aja.

--- Dean Earwicker <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya tanggal perkiraan saya masih kurang pas,
> karena memprediksi waktu
> jauh lebih sulit ketimbang target harga...
> volatilitas telah terjadi lebih
> cepat dari perkiraan saya. Ini juga natural
> behaviour dari pelaku pasar,
> yaitu sifat antisipatif. Selalu berusaha lebih cepat
> dari berita/rumor yang
> terjadi.
>
> Terus terang saya terkadang men-diskon analisa saya
> sendiri. Kadang
> kecepetan jual, kadang telat beli. :) Yah dibuat
> enak saja. Mungkin hasilnya
> [...]

MK

Yahoo! Movies - Search movie info and celeb profiles and photos.
http://sg.movies.yahoo.com/

Kirim email ke