Bussiness-wise elnusa lebih bagus dr apex gitu pak??

jd premiumnya justified yah??

tp financial ratio wise masih jauh kalah sama apex sih pak...

Gross Margin APEX 37.86% , ELNUSA 13.9%
EBITDA MARGIN APEX 46.52% , ELNUSA 11.4%
Net Margin APEX 17.90%, ELNUSA 5%
ROE        APEX 15.02%, ELNUSA 8%

kemampuan bayar bunga apex juga bagus. ICR kuat.

simpelnya dari rating aja sih, Rating Obligasi APEX 2005 A.,

perkiraan saya kalo Elnusa keluarin obligasi dan di rating ratingnya
agak jauh dibawah A (data 20007, ICR nya kurang dari 1.5 kali)

but again, ini cuman dari financial ratio & valuation - wise ajah.

emang esensinya perusahaan IPO juga beranjak dari yang kurang bagus jd
bagus... dr yg performa keuangan ga oke jadi oke. tp saya sih
beranggapan dengan rasio2 yg biasa2 ajah (kalo dibandingin sama apex
malah jatohnya jd "jelek") premium ratingnya ELNUSA aga kurang
justified. tp mungkin aga wajar jg elnusa rasionya jelek, lah
PERTAMINA aja jg jelek. ya mudah2an sih abis IPO bisa improving...

terlepas dari masalah PE Rating nya apakah premium ato diskon (Elnusa
dan Apex), mungkin yg lebih matter justru masalah "E" nya itu
sendiri... "e" 2007 sendiri cuman 105 milyaran. ini berarti sekitar Rp
14.5 perak per saham. Rp 425 berarti PER Trailingnya 29.31. untuk
ukuran perusahaan yg kemungkinan ratingnya dibawah single A (mungkin
cuman B), rating segitu premium banget. while in the meantime APEX
dengan rating A hanya dihargai trailing PE 19 kali.

karena saya ga gitu ngerti bisnis drilling maka sepengetahuan saya
Elnusa jatohnya "mahal" dibanding Peersnya.

but thanx a lot for the bussiness perspective.. saya terbantu sekali
buat nyusun rekomendasi terhadap Elnusa ini (mepet banget lg waktunya
coz bsok dah libur)... hehe, tengkyu banget nih yah...

ohya profit breakdown elnusa emang 35% dr jasa geofisika dan 23%
drilling... bener juga, arahnya Elnusa ke depan mungkin lebih ke
services...

ini sih tergantung selera aja.. kalo saya mah kayanya cuman brani
kasih label "trading-buy" doank.. hehehehe

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Color Of Universe"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Setuju Pak,
service company lebih lama terlibat dalam urusan sumur

Kirim email ke