SMAR dan AALI PER kecil tapi lihat profile tanaman
(nggak ngerti baca buku karya Iyung Pohan ada di
Gramed)! Semakin tua atau diatas/dekat 15 tahun umur
tanaman, bearti produksi mau turun, dan dihargai
murah, terefleksi di ROE besar dan PER kecil! Ini kita
bisa masukan SMAR yg terparah, trus AALI, LSIP

Ketika emiten punya profile umur diantara 5-9 tahun,
pastinya PER dihargai lebih tinggi, dan biasanya dgn
avarage umur dibawah 7 tahun ROE masik kecil2. Tapi
ketika si tanaman masuk umur 9 dan 10 tahun
produktifitas per hektar lompat exponential. Dari umur
3 ke 4 (buah pasir), 7 ke 8, 9 ke 10, itu growth
phase-nya.

Trus jenis tanah kebun juga ngaruh, ada kelas A, B, C
dan D. Semakin dekat dgn sumber air dan dekat ekuator
(makin dekat curah hujan makin tinggi, contoh lahan
TBLA yg baru di Pontianak atau lahan2 milik AALI)
berarti makin baik produktifitasnya. A/B ke C sudah
bisa beda 20% utk umur yg sama, C ke D juga beda jauh.

Dan kita perhatikan juga Laba emiten CPO selalu
Q1<Q2<Q3=Q4. Antara q3 dan q4 soalnya masa panen! Jadi
jangan kaget PER bisa turun naik!

Trus terakhir tanyakan tentang bibit tanaman ke corsec
masing2 , beli darimana?

Baca dulu buku Iyung Pohan gara2 dia saya cuma suka
sama UNSP dan TBLA. Both have exponential growth in
next 1 - 3 years time.
Kalo masalah kenapa harga nggak gerak tanya bandarnya!
he he!

Kirim email ke