Jangan lupa, CPO tidak hanya untuk biofuel. Dia dimakan orang sebagai minyak
makan (edible oil), juga sebagai bahan non-edible oil. Penduduk dunia ada
berapa miliar orang? Berapa konsumsi per kapita edible oil rata-rata
penduduk dunia? Pakai apa orang-orang menggoreng makanan?

Mayoritas CPO diproduksi oleh Malaysia dan Indonesia. Jadi sepanjang kedua
negara ini bisa mengendalikan harga CPO, ya harganya cenderung stabil, tidak
akan anjlok. Memang ada banyak substitusi CPO, seperti soybean oil, corn
oil, sunflower oil, rapeseed oil... Tapi lihat dong demand CPO dibanding
jenis-jenis minyak ini. Lihat perkembangannya dari tahun 1970-sekarang,
bagaimana demand CPO mengejar soybean oil.

Siapa pengimpor utama CPO? Bukan Amerika atau Eropa. Tapi China, India,
Pakistan... Berapa jumlah penduduk negara-negara ini? Berapa persen
pertumbuhan penduduknya per tahun?

On 1/19/08, tbumi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   --- In obrolan-bandar@yahoogroups.com <obrolan-bandar%40yahoogroups.com>,
> mozart Adhianto <[EMAIL PROTECTED]>

> dibandingkan dengan minning(minyak fossil)? kadang saya berpikir
> bodoh saja, kalau industri CPO mudah untuk memperbaharuinya,
> sedangkan minyak fossil membutuhkan waktu yang sangat lama untuk
> memperbaharuinya.(pertumbuhan explorasi tidak dapat menahan laju
> permintaan dunia akan minyak), akankah suatu saat nanti industri CPO
> akan mengalami titik jenuh?sebagai contoh pada telco sektor yang
> sudah mengalami titik jenuh karena sudah banyaknya pemain-pemain baru
> [...]

Kirim email ke