INCO capai rekor 66.150 pada 22 Mei 2007, drop ke 41.800 karena krisis SM
pada 16 Agustus (-37% dari rekor), capai rekor lagi 107.950 pada 20 November
2007 (+63% dari rekor awal tahun, +158% dari krisis), sekarang 9.400 (-13%
dari rekor terakhir).

TINS capai rekor 14.500 pada 16 April 2007, drop 9.200 pada 16 Agustus (-36%
dari rekor), capai rekor baru 31.150 pada 9 Jan 08 (+115% dari rekor awal
tahun, 238% dari krisis), skg 27.850 (-10% dari rekor terakhir).

ANTM capai rekor 16.250 (3.250) pada 2 Mei 07, drop ke 1,875 pada 16 Agustus
2008 (-42% dari rekor), capai rekor baru 5.050 pada 28 Nov (+55% dari rekor
awal tahun, +169% dari krisis), sekarang 3.700 (-27% dari rekor terakhir).

Jadi, memang pada krisis subprime mortgage Agustus 2007 maupun krisis awal
tahun 2008 ini ANTM turun paling  dalam dari rekor tertingginya di antara
saham trio macan, eh, trio tambang. Sedangkan waktu recovery, ANTM naik
tidak setinggi TINS tapi hampir sama dengan INCO. Mengapa demikian? Silaken
saja yang lain menjawabnya.

RW