Jadi ingat masa lalu nih dulu ortu juga produsen kopra jualnya ke pabrik minyak
sayur di mangga dua. Apa kopra sudah tidak dipakai sebagai bahan baku minyak
sayur lagi?

  ----- Original Message -----
  From: Cumi Bakar
  To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
  Sent: Monday, February 25, 2008 4:42 PM
  Subject: Re: [obrolan-bandar] Re: CPO lebih murah 15% dari soybeans

  Rasanya aneh deh...
  Indonesia dan Malaysia sumber utama CPO dunia, jadi harga ditentukan oleh
supply dari Indonesia dan Malaysia.

  Jika harga CPO naik, Indonesia menurunkan supply-nya untuk mengendalikan
inflasi.
  Kalo Indonesia mengerem supply-nya, maka harga akan naik.
  Kalo harga naik, Indonesia naikin pungutan ekspor untuk ngerem kenaikan
  Kalo Indonesia mengerem supply-nya, maka harga akan naik.

  muteerrr terus gitu...

  Dodol ah.
  Kenapa juga minyak goreng semua harus pake CPO?
  Minyak kelapa juga OK.
  Saatnya industri Kopra dilirik kembali.

  Back in my old days in Kampung, nenek gw bikin minyak kelapa sendiri. Harum
dan kalo pagi membeku, bungkilnya enak pula. Tetangga jadi pengepul kopra,
dijemur matahari dan dikeringkan dengan pemanas berbahan bakar batok. Sabutnya
menghidupi industri tambang dan keset.

  Yang gak punya kebun kelapa jadi pemetik kelapa di kebun engkong gue.

  Ah, sekarang semua sudah hilang....
  Lagu Rayuan Pulau Kelapa mungkin perlu diganti dengan Rayuan Kebon Sawit.
Dudul!

Kirim email ke