Force Sell itu apply untuk para pemain saham yg menggunakan MARGIN.
Dalam perjanjian MARGIN, nasabah diminta untuk memaintain ratio antara modal
dan hutang untuk memastikan modal cukup untuk menutupi hutang tersebut just
in case terjadi major CRASH.

Biasanya bila ratio MARGIN sudah mendekati 70% maka securities akan
melakukan FORCE SELL untuk mencegah nasabah rugi dalam lagi sehingga
mengalami default.

Alasan di BEI tidak diijinkan SHORT SELL karena para retailer akan susah
diSEMBELIH dengan FORCE SELL karena cara berpikirnya berbeda karena ada dua
posisi yg ditawarkan LONG atau SHORT sehingga pemain MARGIN yg marginal pun
akan ikut2an SHORT SELL dan susah buat BANDAR mengendalikan MARKET.

Semoga memberikan pencerahan.

Regards,
JA

On 3/14/08, VIVID VIDI VICI <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   force sell itu klo kita beli saham tapi gak bayar sampai lama (seberapa
> lama tergantung kebijakan masing2 sekuritas) sehingga saham yg kita beli
> dijual oleh broker untuk menutupi kewajiban kita. Di formulir buka rekening
> kan ada.

Kirim email ke